Dampak Kemarau, Warga Pandansurat Dapat Bantuan Puluhan Ribu Liter Air Bersih

0
139

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Warga Pekon (desa) Pandansurat, Kecamatan Sukoharjo, khususnya yang terdampak kemarau patut bersyukur. Betapa tidak, Polres Pringsewu Polda Lampung bersama pemerintah daerah setempat memberikan bantuan air bersih, di Dusun IV. Senin (9/10/2023).



Sekira 10.500 liter air bersih didistribusikan kepada warga dengan menggunakan 1 unit kendaraan pemadam milik BPBD dan 1 kendaraan tanki milik Dinas Lingkungan Hidup.

Bantuan disambut antusias warga yang dalam dua bulan terakhir sudah mengalami krisis air bersih, akibat sumur milik mereka mengering akibat kemarau yang melanda.

Kapolres Pringsewu, AKBP Beny Prasetya mengatakan, penyaluran bantuan air bersih rutin dilakukan dari satu lokasi ke lokasi dalam upaya merespon keluhan dan informasi yang di dapat.

Warga lain yang ingin mendapatkan bantuan air bersih, kata dia, diminta berkoordinasi dengan aparat setempat, baik melalui bhabinkamtibmas atau babinsa.

Ia mengatakan, setiap informasi atau keluhan warga akan segera ditindak lanjuti.

“Polisi dan pemerintah daerah siap membantu kapan pun jika ada warga yang membutuhkannya,” kata dia, pada awak media di lokasi penyaluran air bersih.

Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu, Suherman mengatakan, krisis air bersih tidak hanya dialami warga Pekon Pandansurat saja, namun sejumlah wilayah lain.

Pimpinan wakil rakyat mengatakan, bagi daerah yang sering mengalami krisis air bersih agar mengajukan permohonan pembuatan sumur bor sehingga tahun 2024 nanti dapat segera terealisasi.

“Jadi tahun depan warga sudah tidak bingung lagi masalah air bersih,” ujarnya.

Sementara itu, Usmanudin, warga Pekon Pandansurat yang ikut menerima bantuan mengatakan, jika sudah hampir dua bulan ini sumur sumur warga mulai mengering akibat dampak kemarau.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga berinisiatif mengambil air dari sumber mata air yang berada di areal persawahan berjarak sekira empat ratus meter dari pemukiman warga.

Adanya bantuan air bersih, pria yang yang dalam kesehariannya berprofesi petani menyambut gembira dan berharap bantuan air bersih rutin disalurkan saat musim kemarau.

Selain itu ia berharap ada bantuan sumur bor, sehingga warga tidak lagi kesulitan dalam mendapatkan air bersih. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini