Pj. Bupati Tanggamus dan Kadis BMBK Provinsi Lampung Tinjau Jalan Provinsi Ruas Simpang Kiluan – Kotaagung Timur

0
137

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, bersama Plt. Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung Taufiqulloh kunjungan kerja ke empat kecamatan di Kabupaten Tanggamus, Sabtu (7/10/2023).

Turut mendampingi, Kepala Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi, Kepala Bapperida Tanggamus Hendra Wijaya Mega, Camat Kelumbayan Derius Putrawan, serta jajaran Dinas BMBK Provinsi Lampung dan Dinas PUPR Kabupaten Tanggamus.

Rombongan mengawali kunjungannya dari titik nol ruas jalan Simpang Kiluan – Kotaagung Timur.

Rombongan juga mengunjungi Teluk Kiluan dan Pantai Gigi Hiu. Di kedua objek wisata itu, Pj Bupati Tanggamus selain melihat potensi wisata yang menjadi unggulan pariwisata di Provinsi Lampung juga berinteraksi dengan wisatawan yang datang dan menanyakan kesan dan keluhan yang dirasakan dalam kunjungan wisatanya.

Pj. Bupati juga memberikan arahan kepada aparatur pekon dan pengelola wisata setempat agar lebih meningkatkan paket dan layanan wisata yang diberikan.

Terutama dalam hal keamanan dan kenyamanan wisatawan.
Kunjungan dilanjutkan dengan melihat kondisi di sepanjang ruas jalan yang kondisinya memprihatinkan karena hanya bisa dilalui kendaraan roda dua atau mobil dengan penggerak empat roda.

Menjelang tengah hari Pj bupati dan rombongan singgah di kediaman tokoh masyarakat Kelumbayan, Suntan Syah Bandakh Marga di Pekon Negeri Kelumbayan.

Di tempat itu selain mendapatkan jamuan makan siang dengan menu khas Kelumbayan, ikan cubik dan sop nibung.

Pj. bupati Tanggamus dan Plt. kadis BMBK juga melakukan interaksi dengan para kepala pekon se- Kecamatan Kelumbayan dan Kelumbayan Barat, serta para tokoh dan warga.

Pj. bupati mengatakan, kunjungan pertama dirinya ke 20 kecamatan di Kabupaten Tanggamus.

“Untuk lebih mendekatkan diri dengan warga agar lebih kenal dengan alamnya, kenal dengan warganya, in syaa Allah mendengar apa yang menjadi kebutuhan mendesak terhadap pembangunan,” katanya.

Dirinya mengatakan, di seluruh wilayah Lampung sudah terhubung antara pekon, antara kecamatan, antara kabupaten. Hanya dari Kiluan sampai Kotaagung yang masih tertunda.

“In syaa Allah nanti kami bersama-sama dengan l
pemerintah pusat, pemerintah provinsi Lampung dan juga pemerintah Kabupaten Tanggamus, mewujudkan jalan tersebut. Berdoa agar rencana kita dan niat baik kita ini dimudahka karena memang jalan ini adalah target dalam pembangunan,” katanya.

“Kami akan bersama-sama dengan warga untuk meningkatkan kembali pembangunan di Kelumbayan. In syaa Allah nanti apa yang menjadi kekurangan untuk melengkapi hasil pembangunan dari kepala daerah sebelumnya kami akan lanjutkan, akan kami tingkatkan. Agar ke depan Kelumbayan sama dengan Sumberejo, Ulubelu dan kecamatan lain,” ujarnya.

Prasarana transportasi jalan sangat dibutuhkan untuk menggerakkan ekonomi di wilayah Kecamatan Kelumbayan sampai ke Kotaagung.

“Jadi tujuan utama kami ke sini yang paling utama mendorong terhubungnya antara Kiluan dengan Kotaagung. Kenapa? karena memang di Kotaagung itu ada Kawasan Industri Maritim yang saat ini belum bisa beroperasi secara maksimal.”

Plt. Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung, Taufiqulloh mengatakan aspirasi warga Kelumbayan untuk pembangunan ruas jalan Simpang Kiluan – Simpang Umbar telah disampaikan camat beserta kepala pekon dan tokoh masyarakat Kelumbayan beberapa waktu lalu. Oleh Pihaknya perlu melakukan survei langsung, dalam rangka memastikan kondisi jalan yang diusulkan tersebut, untuk selanjutnya dimasukkan dalam rencana pembangunan tahun 2024.

“Yang memang harus kami perbaiki. Tanpa jalan bagaimana ekonomi mau tumbuh. Jalan urat nadi ekonomi, ketika jalan bisa kita perbaiki, aksebilitas bisa kita perbaiki, lalu lintas bisa lancar maka ekonomi akan tumbuh. Untuk pembangunan ruas jalan yang diusulkan ini akan kami masukkan ke dalam rencana pembangunan di tahun 2024. Mudah-mudahan dapat direalisasikan sesuai harapan warga,” ujarnya.

Sementara Camat Kelumbayan Derius Putrawan, menyampaikan atas nama warga mengucapkan terima kasih sekaligus senang dan bersyukur usulan warga telah mendapatkan perhatian dan tindak lanjut dari Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung.

“Kami berharap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melalui Dinas BMBK Provinsi agar apa yang menjadi harapan warga Kelumbayan, dapat direalisasikan pada 2024 mendatang,” kata Derius.

Kunjungan dilanjutkan l rombongan ke Puskesmas Rawat Inap Kelumbayan serta sepanjang ruas jalan Simpang Kiluan – Simpang Umbar – Putihdoh – Kuripan – Kotaagung Timur. Demikian juga sejumlah ruas jalan kabupaten yang perlu mendapatkan penanganan segera, di antaranya badan jalan kabupaten yang longsor di Pekon Paku.

Menjadi bahan evaluasi Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan Pemerintah Provinsi Lampung.

Turut menyambut dan mendampingi rombongan di sepanjang jalan yang dilalui di wilayah kecamatan masing-masing, Camat Cukuhbalak Alsep Rizam, Camat Limau Yusef, anggota DPRD Tanggamus Erlan Adianto dan Camat Kotaagung Timur Ilham Nurmay beserta seluruh jajaran dan kepala pekon setempat.  (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini