Pekan Raya Lampung, Kabupaten Tanggamus Tampilkan Tarian Khaja Baniting

0
156

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Kabupaten Tanggamus melalui Sanggar Artcom Debingi SMA N 1 Kotaagung menampilkan tari Khaga Baniting di Pekan Raya Lampung, di PKOR Way Halim Bandarlampung Jum’at (6/10/23) malam.

Hadir dalam acara tersebut Kadis Kominfo Suhartono dan Kadis pendidikan Yadi Mulyadi.



Kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik SMAN 1 Kotaagung tersebut seni the art community Debingi di bawah binaan Ratna Uli menampilkan tarian Khaja Baniting dan beberapa lagu lagu daerah Lampung.

Pembina Ekskul Sanggar Artcom Debingi SMA N1 Kotaagung Koko mengatakan, penampilan itu untuk memperkenalkan kebudayaan Kabupaten Tanggamus.

Lewat tari Khaja Baniting yang menceritakan tentang keperkasaan seorang raja di Kabupaten Tanggamus, yang bisa berubah wujud menjadi seekor harimau, akan tetapi banyaknya harimau di daerah Kabupaten Tanggamus, khaja baniting memberi tanda sebuah Ikat pinggang putih menjadi ciri khas tersendiri.

“Mudah – mudahan melalu tari, kami bisa mengenalkan sejarah dan kebudayaan Kabupaten Tanggamus, ke generasi muda yang bisa dibilang saat ini banyak yang kurang memahami kebudayaan,” katanya

Tari tersebut bawakan 5 penari yang terdiri dari 3 wanita, 2 pria, dan 13 pemusik.

Selain tarian, SMA N1 Kotaagung juga menampilkan lagu-lagu daerah. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini