Pemkab Tanggamus Gelar Sosialisasi Peningkatan Peran Tokoh Lintas Agama dalam P4GN-PN

0
184

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Plh Bupati Tanggamus Hamid Heriyansyah Lubis buka Sosialisasi Peningkatan Peran Tokoh Lintas Agama dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN), di Aula Serumpun Padi Gisting, Selasa (26/9/2023).

Hadir dalam acara tersebut kepala BNN, kepala Kantor Kementerian Agama, Plt. kepala Badan Kesbangpol kasat Narkoba Polres Tanggamus, lepala Lapas dan kepala Rutan Kelas II B Kota Agung, ketua FKUB dan para narasumber.

“Sebagaimana kita pahami, saat ini negara kita tengah menghadapi situasi darurat narkoba yang mengancam kelangsungan hidup generasi bangsa karena telah nyata menimbulkan kerusakan bagi para pemakainya. Ini adalah lampu kuning atau alarm bagi daerah kita dan seluruh wilayah Indonesia. Narkoba telah menjadi musuh bersama yang wajib kita berantas karena alasan sebagai berikut: Indonesia saat ini menjadi pasar terbesar tingkat kawasan ASEAN untuk kebutuhan bahan dasar narkoba (ATS = amphetamin, ekstasi, katinon dan shabu/methamphetamin)
Tidak ada wilayah di Indonesia yang terbebas dari peredaran dan penyalahgunaan narkotika
Jumlah kerugian baik ekonomi maupun sosial yang begitu besar akibat permasalahan narkoba, yaitu mencapai Rp 84 triliun per tahun (data BNN 2021). Total dari rentang usia 15-64 tahun, ada sekira 4,8 juta penduduk desa dan kota pernah memakai narkoba sepanjang 2022-2023.
Narkotika sudah merasuki seluruh sendi kehidupan,” kata Hamid.

Para bandar atau pengedar tidak hanya mengedarkan barang haram ke tempat hiburan, tetapi sudah masuk ke dalam tempat-tempat privasi, seperti indekos dan rumah, serta ruang publik. Begitu pula dengan status yang terpapar sudah masuk dari para pekerja, pelajar/mahasiswa, pekerja rumah tangga, hingga yang tidak bekerja, katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini