PLH Bupati Tanggamus Menghadiri Rapat Konsultasi Publik Kesatuan Rencana Detail Tata Ruang dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis

0
292

TANGGAMUS, Wartaalam.com – PLH Bupati Tanggamus. Hamid Heriyansyah Lubis menghadiri Rapat Konsultasi Publik Kesatuan Rencana Detail Tata Ruang dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perencanaan Ulu Belu tahun 2023, di Hotel 21 Gisting, Senin (25/9/2023).

Berdasarkan ketentuan Pasal 35 Undang Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, disebutkan pengendalian pemanfaatan ruang dilakukan melalui penetapan peraturan zonasi, kemudian untuk melaksanakan ketentuan pasal 38 ayat (4) huruf b Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 16 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Tanggamus 2011-2031, yaitu perlu menetapkan Peraturan Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Perencanaan Ulu Belu Kabupaten Tanggamus tahun 2023-2043, maka bersama-sama di sini membahas dan melakukan rapat konsultasi publik, kata Heriyansyah.

“Patut berbangga karena Tanggamus termasuk dari beberapa kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapat bantuan teknis penyusunan RDTR dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang / BPN-RI melalui Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA-BUN), sebelumnya Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus juga telah mendapatkan bantuan serupa yaitu penyusunan RDTR Kawasan Perkotaan Gisting,” katanya.

RDTR merupakan bagian dari rencana rinci tata ruang yang berfungsi sebagai acuan pelaksanaan perizinan, investasi dan pembangunan, serta pengendalian, pemanfaatan ruang. Harapannya, dengan disusunnya Perbup RDTR Wilayah Perencanaan Ulu Belu akan menjadi langkah awal dalam memberikan kemudahan dalam melakukan perizinan dan investasi di Kecamatan Ulu Belu dan menjadi landasan dalam pelaksanaan yang akan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi pembangunan daerah, katanya.

“Konsultasi publik merupakan tahapan yang wajib dilakukan dalam penyusunan RDTR dan KLHS untuk disepakati bersama. Untuk itu kami mengharapkan masukan dari stakeholder terkait dan elemen masyarakat,” tuturnya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini