Api Lalap Belukar di Tanggamus

0
450

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Kebakaran belukar di Dusun Gunung Batu, Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Jumat (22/9/2023), sekira pukul 09.30 WIB.

Kejadian di lahan PT. Pola Marmer Kencana milik Sumarno, warga Bandarlampung yang diketahui Sri Hastuti yang melihat api di bagian bawah lokasi.

Api dengan cepat menjalar ke bagian lain dari lahan tersebut, warga segera melakukan pemadaman awal dengan membatasi api dan menggunakan alat-alat yang ada.



Kapolsek Pugung, Polres Tanggamus, Ipda Ori Wiryadi mengatakan, pihaknya bersama pihak kecamatan, warga, perangkat pekon, dan petugas Damkar Tanggamus memadamkan api.

“Beberapa langkah yang telah dilakukan dalam menangani kebakaran, antara lain melakukan pengecekan di tempat kejadian perkara, bersama-sama memadamkan api dan menghentikan jalur penyebaran api, serta menghubungi petugas Damkar,” kata Ipda Ori Wiryadi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra.

Ori Wiryadi mengatakan, lokasi kejadian merupakan lahan PT. Pola Marmer Kencana miliki Sumarno, warga Bandarlampung. Luas lahan tersebut diperkirakan sekira 6 hektare.

Secara geografis, lokasi terletak di wilayah pegunungan. Lahan tersebut merupakan belukar yang sudah tidak dikelola lebih setahun.

“Saat kebakara, kondisi lokasi masih berupa belukar, dan angin saat itu cukup kencang sehingga menyebabkan api dengan mudah dan cepat menjalar serta membesar,” katanya.

Saat ini, petugas telah standby di lokasi dan sedang melakukan langkah-langkah pencegahan dan pemadaman, mengingat api saat ini sedang menjalar ke bagian atas lahan.

“Hingga siang ini, masih ada sedikit api. Namun posisinya di atas bukit sehingga Damkar tidak mencapainya. Jadi rencana kami melakukan secara manual bersama warga,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini