Kepergok Mencuri, Seorang Pemuda Nyaris Diamuk Massa

0
477

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Seorang pemuda, SI (27) dari Pekon Patoman, Pagelaran Pringsewu, nyaris menjadi korban amuk massa setelah tertangkap mencuri alat press genteng, di Pekon Panutan.

Menurut Kapolsek Pagelaran, Iptu Hasbulloh, pelaku yang sehari-hari berprofesi sebagai petani tersebut diamankan polisi dan warga saat berada di rumah warga di Pekon Panutan, Rabu (30/8/2023) sekira pukul 06.00 Wib.

Ia diduga bersembunyi usai melancarkan aksinya dan dipergoki warga sekitar.

Upaya pencurian itu dilakukan tersangka, Selasa (29/8) malam, sekira pukul 23.30 Wib di tempat pembuatan genteng (tobong) miliki Wardoyo (51), warga setempat.

“Pelaku melakukan upaya pencurian, tetapi ketahuan warga dan akhirnya ditangkap,” kata kapolsek Pagelaran, Kamis (31/8/2023) siang.

Menurut dia, tersangka hampir menjadi korban amukan warga yang geram terhadap tindakannya tersebut. Namun, situasi diredam kehadiran polisi di lokasi kejadian.

Tersangka SI sebelumnya sudah terlibat dalam kasus pencurian dinamo penggilingan singkong di lokasi yang sama. Pencurian itu terjadi (17/8/23).

Dinamo hasil curian tersebut dijual seharga Rp 40 ribu kepada seorang tukang rongsok, dan uangnya telah habis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Dia telah dua kali melakukan pencurian di lokasi yang sama. Kejahatan pertamanya berhasil, sementara yang kedua kali tidak berhasil,” katanya.

“Untuk pertanggungjawaban perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan pasal 363 Jo pasal 53 KUHP tentang percobaan pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini