Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pringsewu Adakah Penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal Tahun 2023

0
219

PRINGSEWU, WARTALAALAM.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pringsewu menggelar Penyerahan Laporan Audit Kearsipan Internal Tahun 2023, di Aula Utama Bupati Selasa (29/8/2023).

Staf Ahli Bupati Hipni mewakili Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk apresiasi kepada perangkat daerah yang telah melaksanakan tertib arsip di unit kerja masing-masing.

“Ke depan kepada seluruh organisasi perangkat daerah lebih meningkatkan lagi tata kelola kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan dan peraturan perundang-undangan dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah ada yakni SRIKANDI,” katanya

Menurutnya, arsip yang ada di lingkup pemerintahan berperan penting sebagai sekumpulan informasi yang berisi informasi hasil kegiatan suatu organisasi pemerintahan, yang mana didalamnya mencerminkan berbagai data dan keterangan mengenai pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan serta merupakan bukti autentik tentang keberhasilan maupun kegagalan suatu pemerintahan di masanya yang harus disusun secara terperinci dan hati-hati.

Dibutuhkan suatu peyelegaraan manajemen kearsipan yang solid dan bertanggung jawab yang sejalan dengan prinsip efektif dan efisien.

“Tidak akan dapat terwujud tanpa dukungan dari perangkat daerah agar secara sadar dapat memanfaatkan aplikasi ini dalam setiap proses pembuatan surat menyurat dan dokumen resmi pemerintahan di masing-masing OPD,” ujarnya.

Dia berpesan, OPD yang hadir agar hasil audit kearsipan yang disampaikan menjadi koreksi bersama dan menambah kepedulian serta keseriusan melaksanakan berbagai upaya meningkatkan pengelolaan kearsipan yang lebih baik lagi.

“Berdasarkan hasil audit Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerjasama dengan Inspektorat, hingga hari ini baru 10 perangkat daerah yang benar-benar menerapkan Aplikasi SRIKANDI secara konsisten dari 36 perangkat daerah yang ada dan untuk tingkat nasional, kami masih masuk kategori kurang,”
katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini