TNI AL Ajak Gotong Royong Manfaatkan Potensi Maritim Nasional

0
852
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto saat memberikan tali asih kepada anak-anak kurang mampu di Pesawaran, Kamis (10/8/2023). (ist)

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto mengajak semua pihak memupuk semangat gotong royong dalam mengembangkan dan memanfaatkan potensi maritim nasional secara berkelanjutan.

“Keterlibatan berbagai pihak dari kegiatan-kegiatan pembinaan potensi maritim adalah tanggung jawab kita bersama dari seluruh komponen bangsa untuk mencapai tujuan yang lebih besar,” kata Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Kamis (10/8/2023).

Ia mengatakan, dalam pembinaan potensi maritim di Kabupaten Pesawaran, sesuai dengan amanat undang undang (UU), TNI AL memiliki peran penting yakni tugas pemberdayaan pertahanan laut.

“Untuk itu melalui pembinaan potensi maritim kami akan memperjuangkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan negara yang kita cintai ini,” kata dia.

Menurut dia, TNI AL hadir dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah (Pemda) dalam usaha mempercepat pembangunan daerah sebagai wujud percepatan pembangunan nasional.

“Keberadaan TNI AL di Lampung sudah dikenal luas di masyarakat dengan adanya Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir/BS, diharapkan dapat bekerjasama dengan pemda guna meningkatkan kesejahteraan melalui program bhakti TNI AL, pembinaan ketahanan wilayah maritim, dan juga komunikasi sosial aspek maritim,” kata dia.

Ia mengatakan, hal itu sudah dibuktikan Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir/BS dalam berkarya dan menghadirkan inovasi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Adapun upaya nyata yang telah dilakukan yakni kegiatan bedah rumah tidak layak huni 10 unit, bhakti kesehatan dan pemberian sembako kepada 1.000 masyarakat yang menjadi sasaran,” ujarnya.

Dalam mengoptimalkan pendidikan dan ekonomi, kata dia, telah dibangun rumah pintar di daerah serta sarana dan prasarana ekowisata mangrove.

“Selain itu ada juga pemberian keramba budidaya ikan bagi warga pesisir,” kata dia.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Lampung Fahrizal Darminto mengatakan bahwa, TNI AL adalah kekuatan utama dalam pertahanan maritim di negara ini.

“Berbicara ketahanan maritim Lampung adalah provinsi yang dianugerahkan dengan kekayaan pantai dan laut yang indah. Dinas Perikanan dan Kelautan mencatat bahwa luas laut Lampung diperkirakan capai 24.820 kilometer dan garis pantai 1.105 kilometer yang membentuk 4 daerah wilayah pesisir yakni Pantai Barat Teluk Semaka, Teluk Lampung, Selat Sunda, serta Pantai Timur,” ujarnya.

Sehingga, kata dia, luasnya perairan Lampung menjadi salah satu penyokong yang kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Beranjak dari hal itu maka sudah sepatutnya TNI AL menjadi garda terdepan sebagai pertahanan bahtera laut dan penegakan hukum di laut.
Tak hanya itu, TNI AL pun mengambil peran penting dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” katanya. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini