Jumbara IX PMR, Kontingen Papua Sedot Perhatian Warga Lampung Selatan

0
532

Lampung Selatan, Wartaalam.com – Kontingen Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) IX PMR Provinsi Papua menjadi daya tarik tersendiri dan menyedot perhatian peserta lain maupun warga Kabupaten Lampung Selatan.

Selama perhelatan Jumbara IX yang dimulai sejak 2 Juli 2023 hingga jelang penutupan 9 Juli 2023, kontingen Provinsi Papua paling banyak dilirik masyarakat.

Alasannya, kontingen tersebut memiliki keunikan dan hal menarik yang menjadi khas dan tidak dimiliki kontingen daerah lain.

Dijuluki sebagai “Tanah Mutiara Hitam” Provinsi Papua memiliki beragam tradisi, lagu, bahasa, dan tarian daerah, hingga upacara adat.

Di antara upacara adat yang cukup terkenal upacara bakar batu. Upacara itu merupakan tradisi di Papua, warga satu kampung melakukan ritual memasak bersama.

Dikutip dari berbagai sumber, upacara bakar batu merupakan ritual adat yang bertujuan memanjatkan syukur, bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat, menyambut kabar bahagia atau mengumpulkan prajurit untuk berperang.

Hal itu tersebut menarik perhatian Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengunjungi lokasi perkemahan kontingen Jumbara Provinsi Papua.

Nanang kagum kepada masyarakat atau kontingen Provinsi Papua yang masih menjunjung tinggi tradisi adat turun temurun, tak terkecuali metode memasak.

“Malam ini ada di kontingen Papua, makan masakan bakar batu khas Papua. Ada ayam sama jagung pakai sambal colo-colo,” ujar Nanang saat menyantap masakan melalui bakar batu bersama jajaran pejabat pemkab setempat, Sabtu (8/7/2023) malam.

Nanang bersyukur, melalui Jumbara PMR tingkat nasional dia mengetahui keberagaman adat istiadat dan tradisi dari berbagai daerah.

“Inilah kebhinekaan Indonesia semua berkumpul ada di Kabupaten Lampung Selatan. Ini menjadi suatu sejarah,” katanya.

Dia mengapresiasi semua pihak yang terlibat, sehingga pelaksanaanJumbara IX tingkat nasional di kabupaten itu berjalan baik.

“Di Jumbara IX ini kami bisa ikut makan bersama keluarga, saudara-saudara dari Papua. Nggak perlu jauh-jauh, disini (Jumbara) serasa lagi ada di Papua,” tuturnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini