Pemkab Lampung Selatan Minta Peternak Lapor Ternak Sakit Cegah Antraks

0
717

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, Provinsi Lampung, meminta peternak segera melaporkan ke petugas kesehatan hewan setempat apabila ternak yang dimilikinya sakit untuk antisipasi jika terjangkit antraks.

“Agar petugas lebih siaga dan waspada, dan edukasi ke peternak agar selalu lapor jika ada ternaknya yang sakit,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Selatan, Rini Ariasih, di Kalianda, Sabtu (8/7/2023).

Ia mengatakan, untuk Provinsi Lampung dan khususnya Lampung Selatan, untuk penyakit antraks masih belum ada laporan dari peternak ataupun dari kesehatan.

“In syaa Allah Lampung bebas antraks mas Tapi kami tetap harus waspada dan kami sudah mengadakan Rapat Koordinasi dengan petugas, Rabu 5 Juli kemarin,” kata dia.

Ia juga mengatakan, pihaknya juga telah memperketat pengawasan lalulintas hewan ternak, menyusul merebaknya kasus penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) dan penyakit mulut dan kuku (PMK) serta yang terbaru penyakit antraks.

“Kami juga memperketat lalu lintas ternak terutama yang akan masuk dari Jawa, harus memenuhi persyaratan sudah divaksin PMK, sudah divaksin LSD, menunjukkan hasil lab bebas Antraks dan brucella juga,” katanya.

Rini Ariasih mengimbau kepada pemilik hewan ternak untuk selalu menjaga kesehatan sapi, kambing dan hewan ternak lainnya serta selalu membersihkan lingkungan kandang.

“Gunakan obat pembasmi lalat atau serangga sejenis untuk meminimalisasi jumlah lalat dan nyamuk di sekitarnya, karena lalat ini menjadi vektor yang ikut menyebarkan penyakit LSD, PMK, dan penyakit lainnya,” katanya. (ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini