Peserta Jumbara PMR Negara Sahabat Antusias Menanam Mangrove

0
512

Lampung Selatan, Wartaalam.com – Peserta Jumpa Bakti Gembira (Jumbara), Palang Merah Remaja (PMR) Nasional IX/2023 yang juga diikuti 12 negara sahabat antusias menanam mangrove di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

Seorang peserta dari Brunei Darussalam, Adib Zainul Zaky mengatakan, dirinya terkesan dengan menanam mangrove di acara Jumbara tersebut.

“Sangat terkesan, banyak pelajaran didapat. Dan ini kebetulan pengalaman pertama juga,” kata Adib Zainul Zaky, di Kalianda, Rabu (5/7/2023).

Ia mengatakan, meski sempat kesulitan menanam tumbuhan bakau tersebut, namun kegiatan itu penting untuk menyadarkan para generasi muda dalam menjaga dan memelihara alam.

“Meski sempat menghadapi kesulitan saat menanam, jadi kegiatan tersebut menyadarkan diri kami akan pentingnya mangrove bagi ketahanan pesisir,” kata dia.

Para peserta Jumbara PMR dari negara sahabat menanam mangrove di Lampung Selatan. (ant)

Ketua Pelaksana Jumbara PMR Sasongko Tedjo mengatakan, selain diikuti peserta dari Indonesia, kegiatan tersebut dihadiri peserta dari negara sahabat.

“Total peserta dari luar negeri itu ada 21 orang, Kamboja 4 orang, Laos 2, Cina 3, Thailand 1, Malaysia 5, Singapura 2, Brunei Darussalam 2, dan Timor Leste 2 peserta,” kata Sasongko Tedjo.

Ia mengatakan, edukasi penanaman Mangrove ini, merupakan upaya dalam membentuk relawan yang peduli lingkungan, serta menjaga lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Jumlahnya memang tidak seberapa, tapi edukasinya yang penting. Sejak dini, kami ingin membangun jiwa kepedulian terhadap masyarakat kepada mereka,” katanya.

Sasongko mengatakan, PMR yang mengikuti rangkaian kegiatan Jumbara, diharapkan dapat terus menjadi relawan.

“Kegiatan sepekan lebih di Jumbara itu bertujuan meningkatkan kecakapan relawan dan juga menanamkan kepedulian relawan PMR terhadap masyarakat,” ujar dia.

Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) kegiatan yang dilaksanakan untuk mengevaluasi pembinaan dan pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Jumbara 2023 merupakan edisi kesembilan pertemuan PMR seluruh Indonesia. Jumbara Nasional pertama digelar tahun 1978 di DKI Jakarta. Sementara yang kedelapan digelar di Pangkep, Sulawesi Selatan pada 2016. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini