Persiapan Penilaian KLA, Pemkab Lampung Selatan Gelar Rapat Gugus Tugas

0
344

Lampung Selatan, Wartaalam.com – Jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) menggelar Rapat Gugus Tugas dalam rangka Penilaian Kabupaten Layak Anak tahun 2023, Senin (29/5/2023).

Rapat tersebut berlangsung di Aula Rajabasa Sekertariat Daerah Kabupaten Lampung Selatan dan dimoderatori Sekertaris Daerah Kabupaten setempat Thamrin.

Rapat tersebut membahas tentang persiapan penialaian KLA dan verifikasi lapangan dari Kementerian PP dan PA untuk Lampung Selatan meraih predikat utama.

Kepala Dinas PP dan PA Jhoniansyah menyampaikan terkiat nilai yang diperoleh kabupaten itu maka akan mendapatkan verifikasi lapangan dari Tim Pusat yang dilaksanakan Juni 2023.

”Alhamdulillah dengan nilai yang kami raih, Lampung Selatan akan mendapatkan kunjungan dari Kementerian PP dan PA untuk verifikasi lapangan yang mungkin berlangsung Juni,” ujarnya.

Menurut dia, di antara menjadi penialaian Kabupaten Layak Anak iklan-iklan rokok yang ada di kabupaten harus dihilangkan.

Ketua Gugus Tugas KLA Lampung Selatan mengatakan, jika sesuai RPJM Lampung Selatan, maka target predikat utama baru akan diraih tahun 2025.

Menurutnya dengan capaian- capaian yang telah diraih maka target tersebut bisa diraih pada 2023.

”Kalau sesuai dengan RPJM kami, target predikat utama itu tahun 2025, tapi berkat capaian- capaian yang kami raih di tahun 2023, predikat itu in syaa Allah bisa kami dapat,“ katanya

Hadir pada kesempatan itu Perwakilan Forkopimda Lampung Selatan, pejabat struktural, ketua Forum Camat, forum CSR.

Sementara itu, Bunda Forum Anak Kabupaten setempat Winarni mengapresiasi apa yang disampaikan kepala BAPPEDA terkait pencapaian RPJM yang bisa melampaui target untuk meraih predikat utama tahun 2023.

” Alhamdulillah target dengan sesuai RPJM yang disampaikan kepala Bappeda tadi bisa kami lampaui dan kami raih tahun ini,” ujarnya.

Menurutnya itu dicapai karena semua pihak, baik pemerintah maupun swasta yang selalu bersinergi gotong royong.

” Hal itu bisa kami raih karena kebersamaan dan gotong royong, baik itu pemerintah mapun swasta yang selalu bergerak untuk kemajuan,” katanya.

Kesempatan itu, kata dia harus dimanfaatkan dengan menyiapkan hal- hal yang masuk dalam penilaian di lapangan yang akan dilakukan Tim Pusat.

”Tolong kepada semua, ini kesempatan yang baik untuk kita mendapat kunjungan dari pusat, saya minta apa yang akan menjadi penilaian di lapangan mohon disiapkan semaksimalnya,” kata dia.

Dia menyarankan menjadi sebuah sistem pendokumentasian yang baik untuk mempersiapkan dari jauh hari sebelum ada penilaian, agar ke depan bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan matang dan tidak terburu–buru.

” Ini bisa menjadi sebuah sistem untuk kita mendokumentasikan kegiatan-kegiatan dengan baik agar ke depannya kita bisa lebih matang mempersiapkan tanpa harud terburu- buru,” kata dia.

Menanggapi apa yang disampaikan Kepala Dinas PP dan PA terkait penyebaran iklan rokok dia meminta pemerintah daerah membuat edaran agar rokok tidak dijual kepada anak di bawah umur.

”Ini hal yang sangat penting yang perlu dilakukan, tolong nanti pemerintah membuat surat edaran untuk para pelaku usaha agar tidak menjual rokok kepada usia di bawah umur,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini