Drama Lima Gol Warnai Kemenangan Indonesia atas Vietnam

0
517
Pesepak bola Timnas Indonesia U-22 Muhammad Ramadhan Sananta (kiri) berebut bola dengan pemain Vietnam Ngoc Thanh Nguyen (kedua kiri) pada semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023). (ant)

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Drama lima gol mewarnai kemenangan Timnas Indonesia U22 atas Vietnam dengan skor 3-2 pada babak semifinal SEA Games 2023 cabang sepak bola putra di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023).


Berkat hasil itu Indonesia melaju ke final SEA Games 2023 untuk memperebutkan medali emas menghadapi pemenang laga semifinal antara Thailand atau Myanmar.

Skuad Garuda Nusantara mengamankan kemenangan berkat gol Komang Teguh Trisnanda, Muhammad Ferrari dan Muhammad Taufany Muslihuddin, sedangkan Vietnam sempat membalas melalui Nguyen Van Tung serta gol bunuh diri Bagas Kaffa.

Indonesia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada babak pertama dan berhasil unggul pada menit ke-9 melalui gol sundulan Komang Teguh Trisnanda memanfaatkan umpan lemparan ke dalam Pratama Arhan sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Indra Sjafrie kembali memberikan ancaman melalui upaya Ramadhan Sananta, namun tendangan dari pemain PSM Makassar tersebut dapat diamankan kiper Quan Van Chuan.

Selanjutnya Vietnam mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-36 melalui gol sundulan Nguyen Van Tung usai menerima umpan dari Nguyen Duc Phu.

Mampu menyamakan kedudukan, Vietnam menerapkan permainan agresif untuk berusaha berbalik unggul, namun hingga babak pertama usai, skor 1-1 bagi kedua tim tetap bertahan.

Pada babak kedua Indonesia mampu kembali berbalik unggul pada menit ke-53 setelah tendangan Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti terkena kaki Muhammad Ferrari dan masuk ke gawang Vietnam sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Sejak menit ke-60, Indonesia harus bermain dengan 10 orang karena Pratama Arhan diusir oleh wasit usai mendapatkan kartu kuning kedua akibat melakukan pelanggaran keras kepada Nguyen Duc Phu.

Unggul jumlah pemain, Vietnam terus menggempur lini pertahanan Indonesia, namun tidak ada peluang-peluang matang yang dihasilkan.

Skuad asuhan Philippe Troussier berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-78 melalui gol bunuh diri Bagas Kaffa setelah gagal mengantisipasi dengan baik umpan silang Vietnam ke kotak penalti Indonesia. Skor kembali sama kuat 2-2.

Vietnam hampir berbalik unggul, namun tendangan dari Nguyen Van Truong masih mendarat tepat di pelukan kiper Indonesia Ernando Ari Sutaryadi.

Skuad The Golden Star kembali memberikan ancaman, kali ini melalui sundulan Van Tung, akan tetapi Ernando Ari dapat menepis bola tersebut.

Indonesia memastikan kemenangan pada pertandingan ini usai kembali berbalik unggul pada menit 90+6 melalui gol tendangan jarak jauh yang dicetak oleh Muhammad Taufany Muslihuddin sehingga skor berubah menjadi 3-2. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini