Tabuhan Gamelan Baleganjur Sambut Presiden

0
534

LAMPUNG TENGAH, WARTAALAM.COM – Gamelan Baleganjur warga Kampung Swastika Buana, Lampung Tengah menyambut kedatangan Presiden ketujuh Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya meninjau infrastruktur jalan di Kecamatan Rumbia Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023).

“Ini jadi kesempatan yang sangat langka bagi kami yang hanya sebuah kampung di Lampung Tengah didatangi Presiden RI Jokowi,” ujar Kepala Kampung Swastika Buana, Made Rimbawa Putra di Lampung Tengah, Jumat.

Ia mengatakan dalam kunjungannya hari itu presiden disambut warga dengan tabuhan gamelan Baleganjur.

“Memang di kampung ini mayoritas dari suku Bali, jumlahnya sekira 647 kepala keluarga atau 2.480 jiwa, sebab kebanyakan merupakan transmigran dari korban Gunung Agung tahun 1963,” katanya.

Dia mengatakan, penyambutan bagi kedatangan pemimpin negara tersebut akan dilakukan 400 orang yang menggunakan pakaian adat.

“Jadi, gamelan Baleganjur ini bertujuan menyambut tamu, dengan adanya penampilan ini menunjukkan simbol keberagaman suku, serta seni budaya di Lampung,” ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya komunikasi yang terjalin antara pemerintah daerah dan pusat untuk meninjau desanya diharapkan dapat memperbaiki infrastruktur jalan di wilayah tersebut.

“Kami berterima kasih, karena presiden dan pemerintah pusat mau berkunjung ke sini, ini menjadi kehormatan. Untuk masyarakat desa kami mengapresiasi, sebab kerja sama untuk menyukseskan kunjungan presiden dapat terjalin dengan baik meski kami tahu antusiasme untuk bertemu kepala negara sangat tinggi,” katanya. (tim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini