Ratusan Kendaraan Pemilir dan Penumpang Pejalan Kaki Mulai Padati Pelabuhan Bakauheni pada H+1

0
1414

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Ratusan kendaraan roda empat dan penumpang pejalan kaki yang hendak kembali menyeberang ke Pelabuhan Merak Banten mulai memadati Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan pada H+1 Lebaran 2023.

Berdasarkan pantauan Senin (24/4/2023) sore, nampak ratusan kendaraan roda empat memadati Dermaga Eksekutif dan Reguler Pelabuhan Bakauheni serta pintu masuk pengecekan kendaraan.

Ratusan kendaraan roda empat pemilir tersebut memadati Pelabuhan Bakauheni sejak siang hari hingga sore.

Kendaraan roda empat di Pelabuhan Bakauheni tersebut terpantau pada pukul 14.50 WIB sampai 16.30 WIB nampak padat.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas ASDP nampak sibuk mengatur arus lalu lintas di dalam pelabuhan.

Terlihat kepadatan kendaraan pemudik yang diatur petugas rekayasa lalu lintas.

Kendaraan pemilir tersebut didominasi pelat daerah di Sumatera, namun terlihat juga pelat daerah di Pulau Jawa seperti B, A, F dan D.

Meski terjadi kepadatan kendaraan roda empat di area depan pelabuhan dan sejumlah kantong parkir dermaga eksekutif, dan reguler, tetapi terlihat kemacetan yang cukup panjang di area pelabuhan namun tidak keluar dari area pelabuhan.

Kepala Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) Bakauheni AKP Ridho Rafika mengatakan, kepadatan sejumlah kendaraan mulai terlihat sejak tapi pagi.

“Mulai terlihat kepadatan sejak tapi pagi sekira pukul 10.00 WIB sampai sore ini masih padat,” kata Ridho, di Bakauheni.

Ia pun mengatakan, pihaknya telah memaksimalkan sejumlah kantong parkir di area pelabuhan guna melerai kemacetan di area pintu masuk pelabuhan dan tol.

“Ya, kami telah memaksimalkan sejumlah kantong parkir yang ada di area pelabuhan agar tidak terjadi kemacetan di area tol dan luar pelabuhan,” kata dia.

Sebelumnya, General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko mengimbau pengguna jasa penyeberangan agar membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

“Kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari,” katanya.

Sementara berdasarkan pantauan Senin sore menjelang Maghrib terlihat sejumlah penumpang pejalan kaki terus berdatangan memadati Dermaga Eksekutif dan Reguler di Pelabuhan Bakauheni.

Sejumlah pemilir tersebut terus berdatangan dan memadati Pelabuhan Bakauheni sejak siang hari hingga sore menjelang Maghrib.

Pemilir di Pelabuhan Bakauheni tersebut terpantau pada pukul 14.50 WIB sampai 18.00 WIB menunjukkan kondisi penumpang pejalan kaki yang berjalan menuju dermaga.

Tidak hanya penumpang pejalan kaki, sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua terus berdatangan dan memadati kantong parkir yang ada di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan.

Pihak pelabuhan telah memaksimalkan sejumlah kantong parkir guna mengurai kemacetan di area pintu masuk pelabuhan dan tol.

“Kami telah memaksimalkan sejumlah kantong parkir yang ada di area pelabuhan agar tidak terjadi kemacetan di area tol dan luar pelabuhan,” kata Rudi. (amar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini