Polres Lampung Selatan Gelar Apel Operasi Ketupat 2023

0
200

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Dalam upaya pengamanan Idhul Fitri 2023 M/1444 H, Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat, di lapangan Korpri, Senin (17/4/2023).

Apel gelar pasukan 2023 itu mengangkat tema ”Mudik Aman Berkesan” yang dipimpin Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lampung Selatan AKBP Edwin yang dihadiri Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin serta unsur Forkopimda lainnya.

Menyampaikan sambutan Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin mengatakan, apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2023.

“Kesiapan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stake holder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Idhul Fitri 1444 H,” ujar Edwin.

Dia mengatakan, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada 2022 menjadi 123,8 juta orang tahun 2023 atau meningkat 44,8%.

“Oleh sebab itu Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2023, selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan KRYD 10-16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi pada 2 Mei hingga 9 Mei 2023,” ujarnya.

Dia menekankan, terkait permasalahan laka lantas optimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada lokasi rawan kecelakaan.

Di samping itu ingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas.

“Himbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan dan apabila terjadi laka lantas segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah,” katanya.

“Tentunya berbagai pengaturan pada Operasi Ketupat 2023 harus didukung penguatan komunikasi publik. Pastikan informasi bukan hanya send namun delivered, siapkan iklan layanan masyarakat pada seluruh platform media sehingga masyarakat mendapatkan informasi secara berkala dan dapat merencanakan perjalanan mudik dengan baik,” ujarnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini