Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lamsel Tampilkan Mobil Perpustakaan Keliling di Musrenbang

0
243

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Sebagai upaya menumbuhkan minat baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan menghadirkan mobil perpustakaan keliling di setiap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Layanan mobil perpustakaan keliling diharapkan menjadi sarana pelayanan kepada warga pengguna perpustakaan yang tidak dapat dijangkau secara langsung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Qorinilwan mengatakan, tujuan pelayanan Perpustakaan Keliling untuk meratakan layanan informasi dan minat bacaan kepada warga.

“Tujuannya membantu Perpustakaan Umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat. Serta meningkatkan minat baca dengan mengembangkan buku cinta kepada masyarakat,” kata dia, saat Musrenbang Kecamatan Natar, di Lapangan Rejosari, Senin (13/2/2023).

Dia mengatakan, dengan hadirnya Perpustakaan Keliling tersebut juga diharapkan meningkatkan minat baca dan ikut mencerdaskan masyarakat. Selain itu menyebarkan informasi hingga ke pelosok desa yang ada di Lampung Selatan.

“Di samping itu juga untuk meminimalisasi ketegangan informasi di kalangan masyarakat yang diakibatkan faktor kultural dan struktural,” ujarnya.

Qorinilwan menuturkan, selain dalam Musrembang, Perpustakaan Keliling hadir juga dalam setiap kegiatan, baik pemerintah daerah yang lain, sekolah-sekolah baik TK, SD, dan SMP maupun kegiatan komunitas.

“Dengan syarat mengirim surat permohonan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Kami mengupayakan pendahuluan permohonan yang masuk,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini