Bupati Lamsel Ajak Forum CSR Kecamatan Natar Sinergi dengan Program Pembangunan Daerah

0
230

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Kecamatan Natar terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten (pemkab) untuk membangun daerah.

Menurut Nanang pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024 tingkat Kecamatan Natar, di Lapangan Rejosari Kecamatan Natar, Senin (13/2/2023)

Dia mengatakan, sebagai kecamatan penopang pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lampung Selatan, Natar memiliki potensi perdagangan dan pelaku UMKM serta bidang industri yang tinggi.

Untuk itu, dia mengapresiasi Forum CSR di kecamatan itu yang menjadi forum komunikasi koordinasi kemitraan dan sinergitas para pelaku usaha.

Dengan harapan program-program Forum CSR Natar selaras dengan program kegiatan pembangunan di kecamatan maupun kabupaten.

“Sinergitas dan kepedulian dari seluruh elemen masyarakat termasuk Forum CSR sangat dibutuhkan. Jangan sampai di Kecamatan Natar usahanya maju, tetapi masyarakatnya masih ada yang stunting. Ini menjadi tanggung jawab dan kepedulian kita bersama,” ujarnya.

Di samping itu, terkait usulan prioritas pembangunan tahun 2024, Nanang juga akan merealisasikan 21 pembangunan infrastruktur di kecamatan tersebut pada 2023.

“Saya kasih 21 pembangunan infrastruktur yang sudah masuk dalam penginputan data,” kata dia.

Sementara itu, Camat Natar, Supiah memaparkan beberapa inovasi dan program-program pembangunan yang telah dilakukan.

Di antaranya, percepatan penurunan stunting, peningkatan pelayanan kesehatan, inovasi pelayanan administrasi, hingga pembentukan Forum Pelaku Usaha atau Forum CSR.

“Walau masih terbilang baru belum satu tahun, namun Forum CSR sudah melaksanakan berbagai program. Di antaranya telah melakukan pelatihan bagi para pelaku UMKM mengenai pelatihan keamanan pangan serta pelatihan packaging yang dilakukan di wisata Negara Way Ratu,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan pembangunan Kecamatan Natar tahun 2022 berfokus pada berbagai bidang pembangunan meliputi bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, perternakan dan kesehatan hewan.

“Dari sektor infrastruktur ada peningkatan atau pemeliharaan ruas jalan lingkungan maupun pembangunan jembatan yang bersumber dari APBD maupun APBN serta dana desa,” tuturnya.

Namun, kata dia, tantangan pembangunan infrastruktur masih menjadi kendala yang mendominasi pada pelaksanaan pembangunan tahun 2022. Sehingga upaya perbaikannya diharapkan dapat dilakukan pada usulan program prioritas tahun 2024.

“Untuk tahun lalu selain pembangunan jalan, kendala lainnya terkait dengan ruang belajar di sekolah-sekolah. Kemudian sarana prasana di Puskesmas Rawat Inap, kelangkaan pupuk serta kendala mengenai pajak pedesaan,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini