Dinas Kominfo Lamsel Ajukan Permohonan Akun PDN ke Kementerian

0
229
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Selatan Anasrullah (kiri) bersama Direktur LAIP Kementerian Kominfo Bambang Dwi Anggono. (ist)

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemjab Lamsel) terus berupaya meningkatkan konsolidasi data guna mewujudkan Satu Data Indonesia yang didukung dengan keamanan informasi memadai, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setempat Anasrullah saat menemui Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) Kementerian Kominfo RI Bambang Dwi Anggono, di ruang kerja Direktur LAIP, Senin (13/2/2023).

Untuk menwujudkan hal tersebut, kata Anasrullah, melakukan pengajuan permohonan Akun Aplikasi Layanan Pusat Data Nasional (PDN) kepada Direktur LAIP yang digunakan secara bagi pakai Pemerintah Pusat dan Pemkab Lampung Selatan.

Menurut dia, langkah tersebut merupakan upaya Dinas Kominfo Lampung Selatan mengembangkan penyalenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik.

Melalui penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

“Ini merupakan langkah kami (Dinas Komunikasi dan Informatika) untuk melakukan percepatan Satu Data. Sekaligus meningkatkan indeks SPBE guna memberikan pelayanan digital yang maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur LAIP Kementerian Kominfo RI Bambang Dwi Anggono mengatakan, pihaknya siap mendukung program-program digital yang diajukan Lamsel.

“Kami siap mendukung Kabupaten Lampung Selatan meningkatkan pelayanan e-Government yang lebih baik agar masyaraka menjadi lebih sejahtera. Kemudian, pelayanan publik menjadi lebih berkualitas, lebih terjangkau masyarakat dan lebih murah,” katanya.

Menurut Bambang, penyelenggaraan pememerintah secara digital akan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Selain mempermudah mendapatkan informasi, pemerintahan secara digital juga mampu memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan transparan.

“Kementerian Kominfo siap memberikan dukungan, baik penyediaan pusat data maupun aplikasi-aplikasi untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan sampai dengan tingkat desa bahkan hingga tingkat RT RW serta untuk pelayanan kepada masyarakat secara umum. Kami siap mendukung, termasuk dengan literasi digital dan berbagai macam layanan untuk masyarakat,” ujarnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini