Bupati Lamsel Apresiasi Gerakan Swasembada Sekolah Desa Sukamarga

0
105

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto mengapresiasi Desa Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo, yang berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program Swasembada Sekolah.

Menurut dia pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 Kecamatan Sidomulyo, di  Lapangan Desa Sidowaluyo, Selasa (7/2/2023), pihaknya memberi apresiasi kepala desa beserta jajaran aparatur pemerintah Desa Sukamarga dengan gerakan Swasembada Sekolah.

Gerakan Swasembada Sekolah merupakan program yang diinisiasi Nanang Ermanto dalam mengatasi permasalahan anak putus sekolah. Setelah sebelumnya sukses dengan Gerakan Swasembada WC dan Swasembada Gizi.

Dia mengatakan, sektor pendidikan menjadi prirotas utama pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan. Mengingat, kualitas SDM sangat berpengaruh terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Sekarang ada Swasembada Sekolah dan ada Swasembada Bedah Rumah. Tidak ada sebuah arti yang bagus atau indah, walaupun pembangunan infrastrukturnya bagus tapi anak-anak putus sekolah. Bagaimana kami meningkatkan SDM-nya untuk meningkatkan IPM. Terima kasih Desa Sukamarga sudah menjalankan visi misi Pak Nanang,” tuturnya.

Dia berharap, kepala desa yang lain bisa ikut mencontoh Desa Sukamarga. Jangan sampai ada anak di Kabupaten Lampung Selatan putus sekolah.

“Sebagai pemimpin mempunyai kepedulian, tanggung jawab untuk masyarakat. Kami punya lagi program Swasembada Rumah, untuk rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni. Pak Kades juga bisa membantu program ini,” katanya.

Sementara, Camat Sidomulyo Erman Suheri mengatakan, program Swasembada Sekolah di Desa Suka
Marga merupakan langkah awal yang dilakukan pemerintah desa setempat dalam membangun SDM yang memiliki kualitas dan karakter baik dari tingkat desa.

“Desa Sukamarga telah menganggarkan program Swasembada Sekolah. In syaa Allah desa selanjutnya akan kami programkan, agar Kecamatan Sidomulyo tidak ada lagi anak putus sekolah,” ujarnya.

Menurut Erman, pengembangan potensi di wilayahnya, terutama pada sektor wisata alam dan buatan dan sektor wisata kuliner. Sejauh ini telah terdapat banyak destinasi yang menjadi favorit warga Lampung Selatan dan sekitarnya.

“Ada Clara Suak, Wisata Kuliner KPK Siderejo yang baru saja dilaunching, dengan tujuan Kecamatan Sidomulyo menjadi sentra UMKM. Kemudian Pantai Muara Indah Suak, kemarin ada komunitas Jeep, tidak lama lagi juga akan ada Komunitas RX-King. Harapan kami Desa Suak akan menjadi pusat komunitas yang lain,” ujarnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini