Rusia: Pengiriman Tank Bukti NATO Terlibat

0
543
Asap membubung ke langit di Kiev, Ukraina (27/2/2022). (ant)

MOSKOW, WARTAALAM.COM – Rusia menilai keputusan negara-negara Eropa dan anggota NATO yang berencana memasok tank ke Kiev telah menunjukkan keterlibatan langsung mereka dalam konflik di Ukraina.

“Pernyataan yang terus disampaikan pemerintah negara-negara Eropa dan Washington terkait pengiriman senjata dan tank ke Ukraina telah menunjukkan negara-negara atau aliansi ini sedang terlibat dalam pertempuran di Ukraina,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Kamis (26/1/2023).

“Bagi Moskow, semua yang dilakukan negara-negara yang saya sebutkan tadi dianggap sebagai keterlibatan langsung mereka dalam konflik,” ujarnya.

Dia mengatakan, Rusia juga mengamati keterlibatan Amerika Serikat (AS), negara-negara Eropa, dan NATO kini semakin giat.

Pernyataan Rusia itu muncul setelah Amerika Serikat, Rabu (25/1) mengonfirmasi akan mengirimkan 31 tank Abrams ke Ukraina.

Jerman, yang sempat ragu-ragu menyediakan tank tempur ke Ukraina karena khawatir dengan kemungkinan konflik yang makin meluas dengan Rusia, juga telah menyetujui untuk memasok tank tempur Leopard 2 ke Kiev.

Menurut pemerintah Berlin, Jerman akan mengirimkan 14 tank Leopard 2 serta melatih pasukan militer Ukraina untuk menggunakan tank tersebut.

Jerman juga akan memberikan lisensi ke negara-negara lainnya di Eropa yang ingin memasok Leopard—yang merupakan tank buatan Jerman— ke Kiev. (rtr/ant)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini