Musorprov KONI Lampung 20 Februari

0
266

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung bakal digelar 20 Februari 2023 di Bandarlampung.

Keputusan itu diambil secara aklamasi dalam rapat kerja provinsi (Rakerprov) KONI Lampung yang dihadiri seluruh anggota dari KONI kabupaten kota dan pimpinan cabang olahraga, di ruang rapat KONI setempat, Rabu (25/1/2023).

Wakil Ketua Umum III KONI Lampung, Agus Nompitu mengagendakan satu pembahasan, penentuan waktu Musorprov.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Yusuf Barusman mengatakan, hasil rapat pimpinan KONI Lampung beberapa hari sebelumnya telah memutuskan segera melaksanakan Musorprov dengan mengacu surat edaran dari KONI Pusat.

“Kami telah menerima surat edaran dari KONI Pusat yang mengingatkan, KONI Provinsi Lampung diingatkan untuk melakukan Musorprov paling lambat Agustus 2023. Namun kami memandang perlu lebih cepat melakukan Musorprov. Ini untuk memberikan kesempatan kepada para pengurus baru KONI nantinya untuk bisa menata organisasi ini dengan waktu yang cukup,” kata Yusuf.

Menurut dia ke depan diupayakan kepengurusan KONI berada pada awal tahun, sehingga dalam melakukan perencanaan anggaran serta program kerja akan lebih leluasa.

Selama ini periode kepengurusan KONI Lampung kebanyakan pada akhir tahun, sehingga dalam penyusunan anggaran harus mengikuti pagu pengurus lama, dan pasti tidak maksimal. Dengan ditetapkan Musorprov awal tahun, memberikan banyak kesempatan kepada pengurus baru menyusun program lebih baik dan tidak terburu-buru, katanya.

Dia mengatakan, Musorprov itu bukan dipercepat karena sudah tahun terakhir kepengurusan KONI 2019-2023.

“Ini memberikan kesempatan lebih luas kepada pengurus baru karena tahun ini sudah memulai Pra PON dan nanti di akhir tahun ada Porwil, tuturnya.

Sementara itu Plt Kadispora Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik keputusan untuk mempercepat Musorprov KONI Lampung.

“Ini tentu memberikan kesempatan yang baik kepada para pengurus baru kelak, terutama dalam penganggaran dan program lainnya. Meskipun anggaran tahun 2023 sudah diajukan pengurus yang sekarang, namun demikian dalam prosesnya bisa langsung dikawal pengurus baru,” katanya.

Dia berharap pengurus KONI Lampung kelak mempunyai komitmen pada peningkatan prestasi olahraga Lampung.

“Dalam arahannya, pak Gubernur sebagai pemangku kebijakan daerah berharap kepengurusan KONI ke depan diisi personal yang tentu diharapkan lebih baik dari sebelumnya. Berkomitmen untuk memperbaiki prestasi olahraga Lampung di tingkat nasional maupun andil dalam berbagai prestasi internasional,” katanya.

Rakerprov berlangsung demokratis dengan memberikan berbagai pihak untuk mengutarakan pendapat dan saran terhadap persiapan Musorprov.

Sebelumnya, dalam rapat pimpinan KONI Lampung memberikan wacana Musorprov dilaksanakan Sabtu, 18 Februari 2023, namun akhirnya disepakati pelaksanaan Musorprov, Senin, 20 Februari 2023.

Untuk melengkapi pertangkat Musorprov, KONI Lampung akan mempersiapkan panitia penjaringan calon ketua umum dan akan melengkapi beberapa persyaratan administrasi lainnya seperti diamanatkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KONI Lampung.

Selain ketum KONI Lampung, hadir pula dalam Rakerprov tersebut Ketua harian KONI Provinsi Lampung, Hanibal, Waketum Agus Nompitu dan Hidir Ibrahim, Sekum Subeno dan pengurus KONI lainnya, serta ketua cabang olahraga dan KONI Kabupaten Kota baik ketua maupun sekretaris umum. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini