Gubernur Minta Pemkab Lambar Lakukan Penguatan Ekonomi Rakyat

0
207
Gubernur Lampung saat mengunjungi sekolah kopi di Lampung Barat (ant)

LAMPUNG BARAT, WARTAALAM.COM – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), melakukan penguatan ekonomi rakyat dengan mengoptimalkan perkebunan kopi.

Pengoptimalan itu bisa dilakukan melalui diversifikasi intercroping dan crop livestock ternak kambing dengan kopi untuk meningkatkan pendapatan petani.

“Mengingat PDRB perkapita Lampung Barat, saat ini terendah di Provinsi Lampung 24 juta per tahun per jiwa. Juga hilirisasi hortikultura seperti cabe dan tomat yang saat panen harga jual jatuh sehingga perlu dilakukan program hilirisasi terhadap produksi hortikultura,” kata dia saat silahturahmi bersama Forkopimda di Sekolah Kopi PekonĀ (Desa) Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya, Selasa (24/1/2023)

Dia mengatakan, Pemprov Lampung juga akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi.

Pembangunan ruas Pekon Balak – Suoh, Pembangunan ruas Suoh ā€“ Sp. Blok 9, pembangunan Sp. Trimulyo – Bungin ā€“ SP Tugu Sari, pemeliharaan Ā Liwa ā€“ batas Sumatera Selatan, kata dia.

Dia meminta, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, ke depan berkontribusi dalam menjalankan pembangunan di Lampung.

“Saya ingin menegaskan, untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, kecamatan hingga pekon,” ujarnya.

Menurut Arinal, untuk membangun Provinsi Lampung perlu adanya dukungan semua pihak seperti silahturahmi yang dilakukan pada saat ini.

“Pada momen yang penting ini, mari kita awali tahun 2023 dengan niat melaksanakan seluruh program pembangunan yang lebih baik dan yang langsung menyentuh rakyat,” katanya.

Sementara, PJ Bupati Lampung Barat Nukman berharap, momentum tersebut dimanfaatkan memperkuat sinergiĀ antara Pemkab LampungĀ Barat, dan Pemerintah Provinsi dalam mendukung pembangunan di Lampung.

Sejauh ini, kata dia, Pemkab Lampung Barat sudah mendukung penuh atas program pembangunan di Provinsi Lampung di antaranya dapat dilihat dari tema pembangunan pada 2023.

“Tema pembangunan tersebut pak Gubernur, tentunya tidak lepas dari tema pembangunan Provinsi Lampung, yang mendukung prioritas nasional penguatan ekonomi, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur publik,” katanya.

Dia berharap Pemerintah Provinsi Lampung terus memberikan dukungan terhadap pembangunan di Lampung Barat,

Sebab, kata dia, dukungan Pemerintah Provinsi Lampung sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan di Lampung Barat.

Nukman menyampaikan terima kasih atas program yang telah dijalankan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Lampung Barat, di antaranya sektor pertanian dan perkebunan yang merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini