Giat Senam Sehat Upaya Cegah Serangan Jantung

0
420

METRO, WARTAALAM.COM – Serangan jaasntung tiba-tiba dapat menimpa siapapun, dengan rutin melakukan senam sehat dapat menyelamatkan kehidupan manusia dari penyakit berbahaya tersebut.

Begitulah setidaknya upaya yang dilakukan istri walikota Metro bersama yayasan Jantung Indonesia Kota Metro.

Jumat (13/1/2023) Yayasan Jantung Indonesia Kota Metro melakukan kegiatan rutin senam sehat, sekaligus memberikan pelatihan kepada aparatur sipil negara (ASN) tentang bagai mana tatacara menyelamatkan nyawa seseorang, apabila terserang jantung tiba- tiba.

Ketua YJI Metro, Selvi Naharani usai memberikan pelatihan kepada ASN di halaman kantor Pemerintah Kota Metro.

Menurutnya, tata cara yang mesti dilakukan korban ialah, telentang, lalu kontrol pernapasannya, kemudian digugah, dengan cara berteriak, meski tidak ada reaksi, kemudian menempelkan telinga kepada Korban, lalu cek nadi “apakah masih ada denyutnya” kemudian pompa dada korban, dan terakhir beri napas dengan cara meniup hidung korban.

Selain itu, katanya, dengan rutin melakukan senam sehat yang tampaknya gampang itu juga merupakan sesuatu manfaat pada kehidupan sehari hari.

“Seperti senam yg dilakukan pagi ini, kami bersama semua ASN Metro, tidak perlu bayar, tapi sangat baik mendukung kesehatan tubuh kita,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri sekda dan pejabat teras setempat serta ASN Metro, panitia juga menyiapkan sarapan tradisional, sekaligus memeriksa kesehatan semua yang ASN yang hadir. (fir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini