Pengurus Baitul Mal Gampong Ujong Kalak Menyalurkan Zakat Mal

0
227

ACE BARAT, WARTAALAM.COM – Pengurus Baitul Mal Gampong Ujong Kalak menyalurkan zakat mal kepada mustahiq atau senif-senif yang berhak menerima, di Masjid Al Mabrur,. Senin (21/11/2022).

Kegiatan berlangsung sederhana di teras masjid. Acara dimulai jam 09.00 Wib dibuka Ketua Panitia Pengelolaan Zakat, Imam Syiek Masjid Tgk. Ir. Abdul Malik, M.Si sekaligus ketua Badan Baitul Mal Gampong (jampung) Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Menurut dia, perintah dan kewajiban membayar zakat dalam ajaran Islam berlaku pada semua lapisan masyarakat.

“Ajaran Islam begitu memperhatikan keadaan sosial kemasyarakatan. Saling peduli, bantu membantu di antara sesama. Karena dalam harta kita ada hak orang lain yang wajib dikeluarkan ketika jatuh tempo,” katanya.

Pembagian zakat harta di Gampong Ujong Kalak telah lama dilakukan dari tahun ke tahun lintas generasi. Demikian juga dengan pelaksanaan penyaluran zakat harta tahun ini cuma agak bergeser sedikit dari waktu kebiasaan karena sesuatu dan lain hal, katanya.

Dia mengatakan, dalam pembagian zakat itu panitia sudah bekerja maksimal untuk menghindari tumpang tindih data.

“Jangan sampai seorang mustahik memperoleh zakat ganda, baik bersumber dari Baitul Gampong maupun Kabupaten Aceh Barat,” ujarnya.

Bendahara Zakat Mal Gampong Ujong Kalak, Mudassir mengatakan, jumlah penyaluran untuk senif fakir 74 orang, sedangkan senif miskin yang sudah tealisasi 260 orang.

Jumlah keseluruhan zakat yang telah dibagikan Rp. 115.050.000.

Keuchik (kepala desa) Gampong Ujong Kalak M. Ali mengatakan senang dan bahagia atas terlaksananya penyaluran zakat mal tersebut. (muh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini