Pemkab Lamsel Gelar Gebyar Pesona Budaya

0
299

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Sebagai upaya memelihara dan menjaga keberagaman budaya daerah, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) menggelar Gebyar Pesona Budaya, di GOR Way Handak Kalianda, Sabtu (19/11/2022),

Kegiatan itu rangkaian Lampung Selatan Fest 2022 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 kabupaten tersebut.

Gebyar Pesona Budaya yang ditampilkan, fashion show pengantin Nusantara, fashion Show jajaran forkopimda dan kepala perangkat daerah beserta istri, tari lapah, kolaborasi musik Lampung, tari jejeran gawoh, tari muli kipas dan tari bedana udiya.

Ketua Umum Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Winarni Nanang Ermanto mengatakan, acara itu bentuk kolaborasi dan sinergi dari pemerintah daerah setempat dengan DKLS dan P2WLS untuk mempromosikan kebudayaan.

Selain itu, event yang melibatkan banyak unsur penggiat seni budaya itu juga diselenggarakan guna menggeliatkan perekonomian melalui sektor pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.

Diselenggarakan kegiatan ini diharapkan warga mengetahui kesenian dan budaya yang ada di daerahnya, sekaligus sebagai momentum semua pihak dalam melestarikan seni budaya, eksis, dan tidak tergerus budaya asing katanya.

Sementara Bupati setempat Nanang Ermanto mengatakan, a
Gebyar Pesona Budaya merupakan sarana memberi kesempatan para budayawan dan seniman tari serta perancang busana yang ada menunjukkan kreativitasnya.

“Dengan memberikan ruang publik, saya berharap, momentum ini menjadi ajang mode busana daerah yang mampu menarik animo atau minat masyarakat membeli produk hasil rancangannya,” ujarnya.

Dia mengajak para penggiat seni dan perancang busana setempat bersama-sama mengembangkan seni budaya daerah dan meningkatkan kemampuan, kreatifitas serta kualitas dalam merancang mode, agar hasil karya dapat menghibur dan menarik minat masyarakat luas.

“Apa yang menjadi hasil karya tersebut akan menghasilkan nilai tambah yang akan mengangkat perekonomian saudara semua. Gebyar pesona budaya ini untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan kebolehan di bidang seni tari dan fashion show,” ujarnya. (hen/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini