Olahan Daun Kelor, Produk Unggulan UMKM di Lampung Selatan Fest 2022

0
291

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Jika berkunjung ke Lampung Selatan Fest 2022, maka tak lengkap jika tidak mengunjungi stand UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah setempat. Betapa tidak, ada produk unggulan berbahan dasar daun kelor yang dipercaya kaya khasiat kesehatan tubuh.

Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Yulizar Dwi Putra mengatakan, daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga stamina serta mencegah ancaman berbagai penyakit.

“Kapsul kelor dan teh kelor misalnya, memiliki banyak manfaat yang dapat menjaga kadar gula dalam darah serta menghindari penyakit diabetes,“ katanya, di lokasi Lampung Selatan Fest 2022, Kamis (17/11/2022).

Beragam olahan daun kelor dari pelaku UMKM, mulai dari masker wajah, teh celup atau teh bubuk, kapsul kelor, ekstrak daun kelor, bakso daun kelor, mie ayam daun kelor dan olahan daun kelor lainnya yang pemasarannya sudah ke tingkat nasional.

Dia mengatakan, terdapat pula produk unggulan UMKM lainnya.

Pengawas Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM setempat Fitriyanti mengatakan, pelaku UMKM yang memproduksi olahan daun kelor terdapat di beberapa daerah di Lampung Selatan yakni di Bulok, Kecamatan Candipuro dan Sidomulyo.

“Semua olahan daun kelor termasuk produk herbal untuk kesehatan tubuh, produksinya ada juga di Bulok, di Candipuro, dan di Sidomulyo, dibuat berbagai macam untuk bisa dinikmati masyarakat,” katanya.

“UMKM kami mengolah daun kelor menjadi obat herbal dan hasil olahannya diminati masyarakat luas bahkan hingga luar Pulau Sumatera seperti ke Pulau Jawa dan Kalimantan,” katanya.(hen/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini