Pemkab Lamsel Gelar Pelatihan Berbasis Kompetisi Komputer dan Otomotif

0
219

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung ( Lamsel) menggelar Pelatihan Berbasis Kompetisi Komputer dan Otomotif (service motor), di Aula Krakatau Kantor Bupati setempat, Rabu (16/11/2022).

Pelatihan tersebut diselenggarakan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Kalianda tahun anggaran 2022.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lampung Selatan, Intji Indriati mengatakan, tujuan kegiatan, strategi Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka menangani inflasi saat ini.

“Sesuai arahan presiden dalam rangka menangani inflasi saat ini. Seperti kita ketahui sekarang bagaimanapun kita harus mempersiapkan tenaga kerja yang berkompeten dan kompetitif dalam penanganan segala hal,” ujarnya.

Menurut dia, peserta 32 orang, sebagian besar peserta diambil dari data percepatan penghapusan kemiskinan mungkin.

“Diharapkan dari sini, kami mempersiapkan tenaga kerja yang berkompeten dalam segala bidang-bidang, mungkin bisa kami up skillnya dalam mempersiapkan tenaga kerja yang siap memasuki pasar tenaga kerja,” ujarnya.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Lampung Selatan, Yespi Cory mengatakan, pelatihan itu merupakan implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006, tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional.

Pelatihan berbasis kompetensi menitik beratkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai standar yang ditetapkan dan persyaratan di tempat kerja.

Dengan harapan, melalui pelatihan kompetensi Kejuruan Komputer dan Otomotif ini, dapat dijadikan sebagai dasar meningkatkan keterampilan bagi para pencari kerja di Lampung Selatan, sehingga bekal keahlian tersebut dapat memberikan kemudahan dalam mencari pekerjaan, katanya.

Dia minta peserta pelatihan dapat dijadikan sebagai sarana dukungan menciptakan tenaga kerja di Lampung Selatan yang memiliki basis kompetensi, profesional, dan mempunyai daya saing tinggi.

“Seperti kita ketahui bersama, lingkungan kerja saat ini memiliki persaingan yang ketat, serta menuntut pentingnya keterampilan bagi para pencari kerja. Untuk itu, penyiapan kompetensi bagi para angkatan kerja melalui berbagai program harus terus dilakukan,” katanya.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta pelatihan kompetensi, mengikuti kegiatan tersebut dengan kesungguhan hati, serap dan manfaatkan ilmu yang didapat secara optimal, sehingga pasca mengikuti pelatihan kompetensi dapat kita gunakan dalam mencari kerja atau berwira usaha mandiri,” katanya. (hen/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini