24.1 C
Bandar Lampung
Jumat, Desember 2, 2022
spot_img
BerandaDaerahAda Purwoceng dan Manjakani Jahe Merah di Lampung Selatan...

Ada Purwoceng dan Manjakani Jahe Merah di Lampung Selatan Fest 2022

 130 dilihat

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kabupaten Lampung Selatan menjadi stand menarik yang harus dikunjungi para penikmat kuliner dan kerajinan lokal. Betapa tidak, stand yang membuka gerainya di Lapangan Kalianda dalam rangka meramaikan Lampung Selatan Fest dalam HUT ke-66 kabupaten itu menyediakan Purwoceng dan Manjakani Jahe Merah.

Ada sekira 300 UMKM yang dilibatkan Dinas Koperasi dan UMKM yang terdiri dari berbagai produk kering seperti keripik pisang dengan berbagai rasa dan merek, Kopi Krakatau, Kopi Dano serta beberapa produk unggulan seperti Kapsul Kelor, Teh Kelor, Jahe Merah Mix Purwoceng dan Jahe Merah Mix Manjakani.

Selain itu juga ada berbagai produk kerajinan tangan seperti kain tapis dan peci tapis, sulam usus, kain ecoprinting, gerabah, tukhus serta lainnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan Aryantoni mengatakan, produk Jahe Merah mix Purwoceng (khusus pria) dan Jahe merah mix manjakani (khusus wanita) menjadi produk olahan unggulan yang berasal dari tanaman obat keluarga (Toga) yang memiliki banyak khasiat.

”Jahe merah mix Manjakani memiliki komposisi empot-empot, kayu rapet, manjakani, pinang muda, daun sirih dan gula aren sedangkan Jahe Merah mix Purwoceng memiliki manfaat meningkatkan stamina, menghilangkan nyeri, meningkatkan kesehatan jantung serta melancarkan peredaran darah,” katanya.

Daun purwoceng diperoleh dari dataran Gunung Dieng, Jawa Tengah dibawa dan diolah Komala Sari, warga Desa Pisang Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, katanya.

Kapsul kelor dan teh kelor juga memiliki banyak manfaat, dapat menjaga kadar gula dalam darah serta menghindar diabetes, ujarnya.

Ada juga pedagang minuman berbahan dasar mangga yang dinamai Manggo Thai Bang Joo yang dilengkapi topping jelly, buah mangga asli, krim serta susu.

Minuman itu memiliki varian harga dan ukuran seperti cup kecil miliki harga Rp 10 ribu, sedang Rp15 ribu serta cup besar Rp 20 ribu.

Manggo Thai Bang Joo biasanya berjualan di Lapangan Pemda Lampung Selatan (Lapangan Korpri) setiap sore juga dilengkapi dengan berbagai makanan olahan rumah seperti salad buah, bubur kacang hijau, kelapa tart serta bolu dengan topping pisang dan tape singkong.

Tidak hanya stand Koperasi dan UMKM serta Manggo Thai Bang Joo, di Lampung Selatan Fest juga banyak jajanan street food lainnya dan patut dicoba.

Pengunjung dapat mencicipi makanan yang ada, baik produk UMKM atau usaha pedagang lainnya. (hen/kmf)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Jenazah Anggota Brimob Polda Lampung Disemayamkan di Kampung Halaman

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Kepolisian Polda Lampung mengatakan, jenazah...

Kementerian Investasi Serahkan NIB bagi UKM Lampung

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal...

Erick Thohir: BHC akan Menjadi Ikon Pariwisata Lampung

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Menteri BUMN RI Erick Thohir...

Bupati Lamsel Menjadi Narasumber Podcast Kejaksaan Negeri Kalianda

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang...
spot_img
Semua Negara
648,755,006
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on December 2, 2022 12:31 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini