Apel Sinergitas Intitusi Pemerintahan Kabupaten Pringsewu

0
358

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Dalam rangka meningkatkan sinergitas antarinstitusi pemerintah daerah, DPRD, kepolisian, dan TNI di Kabupaten Pringsewu kembali menggelar Apel Sinergitas.

Apel digelar di Halaman Mapolres Pringsewu, Sabtu (5/11/2022) malam, dihadiri Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, Dandim 0424 Letkol Arm Micha Arruan, Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi beserta sejumlah pejabat pemerintah daerah terkait, pejabat utama kepolisian dan jajaran Kodim 0424.

Pj.Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan, apel sinergitas merupakan agenda rutin di Kabupaten Pringsewu yang dilaksanakan secara bergiliran, melibatkan jajaran pemerintah daerah, DPRD, TNI-Polri, Kejaksaan dan instansi terkait lainnya.

“Situasi kamtibmas di Kabupaten Pringsewu cenderung kondusif, berkat sinergitas seluruh pihak, baik pemerintah daerah, TNI-Polri dan elemen masyarakat lainnya. Akan tetapi, kami tetap perlu melakukan pembinaan terhadap masyarakat, terutama kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di malam hari,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan itu sebagai mengantisipasi potensi gangguan kamtibmas, apabila sewaktu-waktu terjadi sudah terantisipasi dengan baik secara dini.

Sementara itu, Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi pada kegiatan bertema ‘Bersatu Menjaga Negeri’ menerangkan, Apel Sinergitas yang dilanjutkan dengan patroli gabungan diikuti 120 personel, baik dari unsur kepolisian, TNI maupun pemerintah daerah seperti Satpol PP, Dishub dan BPBD.

“Cara tersebut efektif dan bisa terlihat dari tingkat kriminalitas. Kondisi saat ini, kami cukup baik dibandingkan kabupaten lain yang ada di Lampung,” katanya.

Dia mengatakan, kejadian yang sering ditemui saat pelaksanaan operasi di antaranya membawa sajam, mabuk-mabukan, perselingkuhan di penginapan dan sebagainya.

“Jika temuan itu dinilai masih wajar, maka petugas hanya memberikan imbauan yang baik, namun jika menjadi tindak pidana, maka akan tetap kami tindak lanjuti,” katanya.(ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini