HK Ruas Bakter Gelar Operasi Microsleep Kurangi Risiko Kecelakan

0
504
Operasi memgantuk (microsleep) yang dilakukan PT Hutama Karya (HK) sebagai Badan Pengelola Jalan Tol di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar Km 87 Jalur B, Minggu (30/10/2022). (ant)

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – PT Hutama Karya (HK) menggelar operasi mengantuk (microsleep) di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan di jalan tol pada Sabtu (29/10).

“Kami kembali melakukan operasi microsleep yang di Rest Area Km 87 Jalur B yang dilakukan dari pukul 23.00 WIB hingga 03.00 WIB,” kata Branch Manager Ruas Tol Bakter Hanung H, di Lampung Selatan, Minggu (30/10/2022).

Menurut dia, kegiatan microsleep dilakukan sebagai upaya menjaga kebugaran pengemudi pengguna jalan tol serta memberikan mereka kesempatan untuk dapat beristirahat di rest area.

“Ya, memang sebaiknya ketika kondisi tubuh sudah lelah pengemudi beristirahat sejak sebelum melanjutkan perjalanannya,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, hal tersebut dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas terutama di jalan tol akibat pengemudi yang mengantuk.

“Microsleep ini juga kami bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Lampung, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, dan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VI Bengkulu-Lampung,” kata dia.

Hanung mengatakan, dalam operasi microsleep yang dilaksanakan terjaring 51 kendaraan yang diimbau untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanannya.

Dari 51 kendaraan yang terjaring itu, diketahui 22 pengemudi sudah mengantuk. Ada 15 pengemudi mengantuk ringan dan 7 pengemudi yang mengantuk berat. Semua pengemudi yang mengantuk diimbau untuk beristirahat sejenak di Rest Area Km 87 Jalur B, kata dia.

Ia mengatakan, Hutama Karya selalu mengimbau kepada seluruh pengguna jalan mematuhi ketentuan dan tata tertib sesuai perundangan yang berlaku, berkendara mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan.

Kemudian selalu periksa kondisi kendaraan dan pengemudi sebelum melakukan perjalanan, serta selalu setuju keselamatan nomor satu, kata dia. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini