Pemda Diminta Turut Sukseskan Presidensi G20 Indonesia

0
528

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah provinsi, kabupaten/kota diminta turut menyukseskan pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia, dengan menjadi komunikator dalam glorifikasi G20 melalui siaran pers, video dan foto G20 serta informasi umum seputar G20.

Hal tersebut disampaikan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro pada rapat koordinasi untuk menyamakan langkah terkait strategi komunikasi dalam menyukseskan pelaksanaan Presidensi G20 secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (11/10/2022).

Adapun, Rakor tersebut diikuti seluruh pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia. Termasuk, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan yang diwakilkan Dinas Komunikasi dan Informatika setempat.

Pada pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia, masyarakat diminta turut berkontribusi dan memanfaatkan momentum Presidensi G20 Indonesia 2022.

Mengingat, gelaran G20 akan menciptakan kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia.

Sebagai informasi, G20 adalah forum internasional yang fokus pada koordinasi kebijakan dibidang ekonomi dan pembangunan.

Anggota G20 terdiri atas 19 negara dan 1 kawasan, yaitu Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro mengatakan, Presidensi G20 Indonesia 2022 mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” dengan visi pemulihan bersama akibat pandemi Covid-19 yang menimpa Indonesia sejak tahun 2020.

Situasi dan kondisi terkini masyarakat belum banyak tahu soal G20 termasuk dampak dan manfaatnya bagi masyarakat.

Narasi tentang G20 masih terlalu elitis, teknokratik, dan tidak membumi, serta kondisi aset komunikasi publik dan sosial belum digunakan secara optimal, ujarnya.

Pada rakor tersebut, Juri megimbau pemprov maupun pemda dalam menyelenggarakan setiap kegiatan yang melibatkan masyarakat luas agar menyisipkan desain atau narasi tentang G20.

Menurut dia, tim komunikasi dan media G20 juga sudah menyiapkan beragam konten yang bisa diakses dan dimanfaatkan pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah melalui kanal #G20Updates.

Kemudian kegiatan dapat digelar daring atau luring dan memanfaatkan setiap event pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi ataupun hari-hari nasional misalnya dengan menyisipkan narasi G20, katanya. (hen/nta/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini