24.1 C
Bandar Lampung
Jumat, Desember 2, 2022
spot_img
BerandaDaerahKopi Lampung Begawi 2022 Bangkitkan Inovasi Kopi Lampung

Kopi Lampung Begawi 2022 Bangkitkan Inovasi Kopi Lampung

 203 dilihat

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM – Provinsi Lampung identik dengan kopi mengingat daerah itu merupakan penghasil kopi robusta terbesar di Tanah Air.

Menurut data Badan Pusat Statistik, tahun 2021 perekonomian di Provinsi Lampung secara garis besar ditopang tiga sektor utama, pertanian, kehutanan, dan perikanan 28,39 persen, industri pengolahan 19,65 persen, serta perdagangan besar, dan eceran 11,7 persen.

Sementara total produksi kopi di Indonesia pada 2021 sekira 774.600 ton, dl Provinsi Lampung memberikan kontribusi 118.000 ton yang merupakan penyumbang terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan.

Saat ini pemanfaatan kopi pada dunia industri bukan hanya terbatas pada industri makanan dan minuman, namun lebih luas lagi, kopi dengan berbagai zat yang terkandung di dalamnya juga dapat memberikan manfaat dan menjadi bahan baku, antara lain pada industri farmasi dan industri kosmetik.

Bahkan melalui tangan-tangan kreatif dan terampil bubuk kopi dapat diolah menjadi benda seni bernilai tinggi berupa lukisan kopi yang saat ini di Provinsi Lampung sudah terdapat beberapa pelukis kopi yang eksis mengekspresikan jiwa seninya melalui media minuman itu.

Melalui pemanfaatan kopi itu, Pemerintah Provinsi Lampung menggelar Kopi Lampung Begawi 2022 dengan tema “Robusta Lampung Membangun Negeri”.

Kegiatan itu untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi pelaku usaha.

Kopi Lampung Begawi 2022, suatu bentuk upaya Pemerintah Provinsi Lampung untuk membangkitkan kreativitas dan inovasi para pelaku usaha kopi.

Selain itu juga untuk memperluas pasar dalam negeri dan mendorong petani serta industri kecil menengah untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Karena itu, seluruh pelaku usaha kopi di Provinsi Lampung, mulai dari petani, industri kecil dan menengah, industri besar, eksportir, barista, dan pelaku usaha di bidang penyajian kopi, dapat mengambil manfaat dan menangkap peluang dari pelaksanaan kegiatan ini.

Di sisi lain, menurut data dari International Coffee Organization (ICO), konsumsi kopi dalam negeri Indonesia pada periode tahun 2019-2020 sekira 288 ribu ton menjadi 300 ribu ton tahun 2020-2021, atau meningkat lebih dari 4 persen.

Konsumsi kopi dalam negeri diprediksi akan terus meningkat seiring dengan semakin luasnya segmen pasar kopi di Indonesia.

Kondisi itu menjadi peluang sekaligus tantangan mengingat Lampung, provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia, bagaimana di sektor hulu para petani kopi dapat meningkatkan produktivitas sekaligus kualitas hasil panen, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar.

Kemudian tantangan selanjutnya bagaimana Provinsi Lampung siap menjadi tuan rumah bagi para pelaku industri kopi, bagaimana industri besar dan industri kecil menengah dapat tumbuh saling mengisi dan melengkapi permintaan para konsumen kopi di Tanah Air.

Lukisan kopi

Seorang seniman asal Lampung, Dana M. Rahmat, memperkenalkan lukisan dengan media kopi kepada masyarakat melalui seni yang dibuatnya.

Selain karena jiwa dia seorang seniman, lukisan itu juga untuk mengenalkan lebih jauh potensi kopi, khususnya kopi Lampung.

Kopi yang digunakan merupakan kopi robusta yang merupakan asal Lampung, hal ini juga perlu digali lebih jauh.

Sebagaimana diketahui dalam seduhan kopi selalu ada ampasnya. Dana kemudian menggali potensi seni dalam ampas itu, yang ternyata ada gradasi warna.

Sebagaimana karya seni lainnya, membuat lukisan kopi bubuk dituntut kesabaran dan kejelian dari si seniman. Apalagi, karya lukisan kopi bubuk itu merupakan jenis karya seni baru yang diadopsi dari potensi daerah.

Berkat upaya seniman, lukisan kopi bubuk kini mampu menjadi ikon baru bagi Provinsi Lampung. Kopi bubuk yang dipilih menghasilkan karya seni yang unik dan bernilai tinggi.

Pembuatan lukisan kopi membutuhkan waktu satu hingga dua hari. Lamanya lukisan itu tergantung dengan objek yang akan dituangkan si seniman.

Lahirnya lukisan kopi bubuk ini sudah ada sejak tahun 2010, dan sampai sekarang pelukis itu terus memproduksi karya seni lukisan dengan objek yang diminati konsumen.

Objek yang dipilih dalam karya lukisan itu, di antaranya pemandangan dan lukisan wajah.

Karya seni lukisan kopi bubuk menjadi daya tarik bagi Provinsi Lampung, terutama Lampung Barat, sebagai daerah penghasil kopi terbesar.

Kopi Lampung Begawi

Kopi Lampung Begawi 2022 dilaksanakan dengan dua rangkaian kegiatan, prakegiatan berlangsung di Graha Wangsa Bandarlampung 4 Oktober 2022 dan kegiatan utama yang dilaksanakan di Sarinah Thamrin, Jakarta, 8 – 9 Oktober 2022.

Prakegiatan Kopi Lampung Begawi 2022, di antaranya, talkshow mengenai kopi, lomba tata hidang makanan berbahan dasar kopi, lomba barista, kurasi kopi bubuk robusta Lampung dan lomba Tiktok dan video kreatif barista.

Sementara itu, kegiatan utama di Jakarta, di antaranya pameran produk kopi bubuk dari kabupaten/kota dan instansi pembina IKM, Ngobrol Kopi (NgoPi) robusta Lampung, dan robusta Lampung Car Free Day.

Selain itu, ada bagi-bagi kopi gratis, bedah resep signature robusta Lampung, temu bisnis kopi antara petani kopi dengan coffee shop di Jakarta, dan IKM dengan Aprindo, dan seremoni puncak perayaan Kopi Lampung Begawi 2022. (***)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Jenazah Anggota Brimob Polda Lampung Disemayamkan di Kampung Halaman

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Kepolisian Polda Lampung mengatakan, jenazah...

Kementerian Investasi Serahkan NIB bagi UKM Lampung

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal...

Erick Thohir: BHC akan Menjadi Ikon Pariwisata Lampung

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Menteri BUMN RI Erick Thohir...

Bupati Lamsel Menjadi Narasumber Podcast Kejaksaan Negeri Kalianda

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang...
spot_img
Semua Negara
648,755,006
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on December 2, 2022 12:31 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini