Tiga Kakon, Bhabinkabtimas, dan Babinsa Menerima Penghargaan Pelopor Kemitraan Posbakum BPP PAI

0
506

JAWA BARAT, WARTAALAM.COM – Tiga kepala pekon (kakon), bhabinkantibmas, dan babinsa Tulungagung, Kediri, serta Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung menerima penghargaan sebagai pelopor kemitraan Posbakum dari BPP PAI, Hotel Asiyria Palace Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Penghargaan diserahkan Ketum BPP PAI Dr. Sultan Junaidi S.sy M,H, Phd. didampingin Dewan Kehormatan R Sony, S,H, M,H, dan Ketua BPW BPP PAI Jabar Herwan Budiah S,H, M,H, kepada Bripka Andriansyah (Bhabinkabtimas Pekon Tulungagung, Kediri, dan Mataram), Darmawan (kakon Tulungagung(, Catur Indayani (kakon Kediri), Rahmat Riyadi (kakon Mataram) dan Babinsa Tulungagung Serda Soleh Irianto.

Napoleon Oktober Boneparte, direktur Divisi Hukum BPP PAI Bidang Pendampingan Hukum dan Pemberdayaan Masyarakat Sadar Hukum BPP PAI mengatakan, penghargaan itu sifatnya usulan kepada BPP PAI Pusat dengan kajian fakta lapangan, para penerima penghargaan tersebut layak mengingat dedikasi mereka bersama Posbakum BPP PAI di tingkat pekon (desa) telah banyak membantu masyarakat.

“Bantuan kami, baik cara persuasif khusus bhabinkabtimas dan penegasan dari para kakon kepada warganya dimana restorative justice mengedepankan keadilan yang bersifat kearifan hukum adat dan Posbakum bukan hanya pendampingan hukum tapi mengedepankan pemberdayaan masyarakat sadar hukum karena mencegah jauh lebih baik dari penyelesaian perkara yang melanggar hukum,” katanya.

Pemberdayaan hukum untuk masyarakat sadar hukum tidak bisa berjalan jika tidak ada sinergi antara bhabinkabtimas, babinsa, dan kakon karena warga hanya mendengar instruksi kakon selaku pamong pekon..

Darmawan, mewakili penerima penghargaan menyatajan: “tidak menyangka pengabdian kami di masyarakat akan diapresiasi seperti ini.
Meski kami tidak mengharapkan di apresiasi siapapun karena mengayomi masyarakat kewajiban sebagai kakon tapi ini menjadi semangat untuk saya pribadi dan para penerima penghargaan bersungguh-sungguh melayani masyarakat masing-masing.”

Sementara Andriansyah mengatakan: “terimakasih karena apa yang dikerjakan sesuai arahan komandan baik kasat Bhabinkabtimas maupun Dir Bhabikatimas untuk bekerja baik, benar dan ini bukan rumah kami yang menilai tapi adanya penghargaan ini BPP PAI lah yang menilai.”

Sementara itu Sekjend BPP PAI KR Okking Gandamiharja S,H,.M,H, berterima kasih kepada para kakon, bhabinkabtimas serta babinsa Tulungagung yang telah mengabdi ke masyarakat dengan sungguh-sungguh dan ucapan terimakasih tak terhingga atas kemitraan Posbakum BPP PAI di tiga pekon tersebut..

Ini terobosan dalam pemberdayaan masyarakat sadar hukum dan pendampingan hukum yang menyentuh semua lapisan.
BPP PAI punya koridor bagaimana Pos Bakum dalam bekerja secara legals action di masyarakat yaitu mengedepankan mediasi pena, ujar Ketum BPP PAI Dr. Sultan Junaidi SY M,H,.Mpd. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini