Kemenkominfo Gelar Webinar Makin Cakap Digital 2022 di Lamsel

0
226

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi bersinergi mengadakan webinar “Makin Cakap Digital 2022” di Kabupaten Lampung Selatan, Senin ( 22/8/2022).

Acara yang diselenggarakan secara virtual tersebut diikuti seluruh pelajar siswa/siswi dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dengan mengusung tema “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”.

Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, peningkatan penggunaan teknologi perlu diimbangi kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar masyarakat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna.

Siswa perlu bijak dalam dunia digital dan memiliki etika yang baik dalam berkegiatan di dunia digital, ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatajan, Kementerian Kominfo secara konsisten menjalankan program literasi digital nasional yang ditujukan bagi siswa, mahasiswa hingga tenaga kependidikan.

Kementerian Kominfo akan berfokus memberikan literasi digital pada kelompok pendidikan dimulai dari siswa kelas 5 SD, SMP, SMA, mahasiswa juga guru, katanya.

Menurut dia tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas.

Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang besar.

Program Makin Cakap Digital sejak kali pertama diluncurkan pada 2021 berfokus peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan empat pilar digital, Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital, katanya.

Bupati setempat Nanang Ermanto mengatakan, perkembangan teknologi digital dalam komunikasi informasi terus mengalami kemajuan, membuat masyarakat dituntut beradaptasi dan mengikuti setiap perubahan yang ada.

“Semoga melalui kegiatan ini, kita dapat melakukan percepatan transformasi digital untuk mewujudkan birokrasi digital Indonesia yang berkelas dunia dan berdaya saing dengan cara meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam aspek literasi digital,” ujarnya.

Menurut dia, literasi digital berguna meningkatkan kemampuan individu dalam mengakses, memahami, membuat, mengkomunikasikan dan mengevaluasi teknologi digital sehingga meningkatkan kemampuan kognitif sember daya manusia di Indonesia khususnya di Lampung Selatan.
(hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini