DWP Lamsel Kaji Tiru ke Tasikmalaya

0
244

TASIKMALAYA – WARTAALAM.COM – Dharma Wanita Persatuan Lampung Selatan (DWP Lamsel)
kunjungan Kaji Tiru ke Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Senin (22/8/2022).

Sekretaris Daerah Tasikmalaya Muhammad Zen beserta ketua dan pengurus DWP menerima rombongan dari Lamsel di Pendopo Kabupaten setempat.

Muhammad Zen menyampaikan terimakasih kepada DWP Lampung Selatan yang telah berkunjung dan memilih Tasikmalaya sebagai tempat kunjungan kaji tiru.

Menurut dia, Tasikmalaya memiliki 39 kecamatan dan 351 Desa dengan jumlah pendudukan 1.8 juta jiwa.

Tasikmalaya memiliki potensi wisata serta sumber daya alam yang menarik membuat konsultan Kerajaan Roman yang pernah berkunjung tertarik untuk berinvestasi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tasikmalaya Emma Amalia menyambut baik kedatangan DWP Lampung Selatan serta mengucapkan terimakasih telah memilih kabupaten itu sebagai lokasi kaji tiru.

Emma menjelaskan, rombongan Kaji Tiru DWP Kabupaten Lampung Selatan akan mengunjungi objek wisata unggulan yang bernama Kampung Naga.

Kampung Naga suatu tempat yang penduduknya sangat taat dalam menjaga budaya serta adat istiadat dari leluhur.

”Sangat tepat rombongan semua berkunjung ke Kampung Naga, itu adalah obyek wisata unggulan kami yang viral karena warganya yang sangat taat dalam menjaga adat istiadat dan budaya dari leluhurnya,” katanya.

Dia mengatakan, di Kampung Naga tersebut terdapat 113 rumah yang diisi 110 keluarga, 3 rumah di antaranya dijadikan masjid, lumbung padi dan tempat pertemuan serta bangunan yang sejak dulu jumlahnya tidak boleh bertambah yang menjadi adat mereka.

”Karena kearifan lokalnya, warga di sana ramah, mandiri, dan kuat dalam gotong-royong , serta kukuh mempertahankan adat leluhur hingga listrik pun tidak ada,” katanya.

Semantara, Winarni Nanang Ermanto, penasehat Dharma Wanita Persatuan Lampung Selatan mengatakan, selain berkunjung dan bersilaturahmi juga ingin menambah wawasan dan berbagi pengalaman dengan DWP Tasikmalaya tentang objek wisata yang terkelola dengan baik dan sektor UMKM dan IKM yang maju.

”Kami hadir untuk bersilaturahmi sekaligus ingin menambah wawasan tentang mengelola objek wisata dan UMKM serta IKM agar lebih baik dan maju,” kata dia.

Menurutnya, kunjungan bersama jajaran ke Kampung Naga untuk mempelajari apa yang menjadi kiat dan strategi pemerintah dalam mengelola objek wisata dengan kearifan lokal tersebut menjadi wisata unggulan.

“Kami juga berharap kunjungan ini memberikan kiat dan semangat positif untuk mengembalikan kepercayaan para pelaku UMKM dan IKM di Lampung Selatan dengan meniru apa yang dilakukan UMKM Tasikmalaya yang bisa berkembang pesat di tengah situasi pendemi Covid,” katanya. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini