Desa Betung Rajabasa Menjadi Tuan Rumah Roadshow Swasembada Gizi

0
118

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAN.COM – Hari ke-5 Roadshow Swasembada Gizi sebagai upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Selatan digelar di Pantai Titian Mutiara, Desa Betung, Kecamatan Rajabasa, Kamis (14/7/2022).

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Penyuluhan dan Pergerakan BKKBN setempat Yuda melaporkan, roadshow sebagai akses kordinasi dan konsolidasi dan konvergensi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten, Kecamatan, Desa, Kelurahan serta kader penggerak gerakan swasembada gizi.

Tujuan roadshow, kata dia, sebagai penguatan kapasitas gerakan swasembada gizi melalui program dan kegiatan yang telah dilaksanakan serta untuk memonitoring gerakan swasembada gizi, pelayanan program, terkait penurunan stunting dan pameran program kegiatan.

Camat Rajabasa Saptudin mengatakan, penanganan stunting di kecamatan itu dengan mendorong kualitas pelayanan pemerintah daerah dengan peningkatan gizi masyarakat untuk generasi unggul.

“Sasaran kami, balita, pemuda putri kaitannya dengan calon ibu termasuk para kader baik di pemerintah kecamatan atau desa,” katanya.

Menurut dia, data keluarga berisiko stunting di Rajabasa sampai tahun 2022 dari 16 desa terdapst 265 keluarga beresiko stunting yang akan menjadi fokus penanganan.

“Fokus kami di Rajabasa menyasar balita di bawah umur dua tahun dan ibu hamil. Dari data rekapitulasi dari 16 desa sampai dengan bulan Juli jumlah balita 711 jiwa batita 1305 jiwa dan 170 jiwa ibu hamil,” katanya.

“Kemudian data pravelensi stunting dan balita stunting tertangani sampai dengan saat ini pravelensi stuntingnya ada 37 jiwa, kemudian balita stunting 15 jiwa alhmdulilah sudah kami tangani dan mudah-mudahan tidak berlajut serta tumbuh kembangnya bisa normal kembali berkat kerjasama dari TPK dan semua pihak,” ujarnya.

Sementara, Ketua TPPS Kabupaten Lampung Selatan yang juga Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto memberikan arahan kepada para peserta roadshow untuk terus saling berkordinasi dan bekerja sama dalam meningkatkan kapasitas dan berupaya menurunkan angka stunting di wilayah masing-masing.
(hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini