24.5 C
Bandar Lampung
Senin, November 28, 2022
spot_img
BerandaDaerahKemenperin Gencar Ajak Warga Bangga Buatan Indonesia

Kemenperin Gencar Ajak Warga Bangga Buatan Indonesia

 30 dilihat

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI gencar mengajak masyarakat semakin mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, terutama produk industri dalam negeri melalui kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Gernas BBI hadir di Provinsi Lampung melalui Festival Lampung Begawi LagawiFest 2022 dengan mengangkat tema “Satu Bumi Juta Karya”.

Acara puncak Lagawi Festival 2022 dipusatkan di Pulau Tegal Mas, Pesawaran, Lampung, Kamis (23/6/2022).

Perhelatan nasional itu dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan baik hadir secara langsung atau secara virtual.

Kegiatan itu juga turut diikuti jajaran Forkopimda dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dari ruang Sekda, Kantor Bupati setempat.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, pasca pandemi Covid-19 IKM dan UMKM terus bangkit dan terus melesat dengan semakin meningkatnya pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Inilah yang kami rasakan, kebangkitan ekonomi di Lampung karena kerja keras pelaku IKM dan UMKM. Ada beberapa yang dihasilkan dari komoditi UMKM yang sudah cukup besar produksinya diminati orang Eropa maupun Jepang terutama ada kulit ikan, ujar orang nomor satu di Provinsi Lampung itu.

Arinal Djunaidi menuturkan, Provinsi Lampung saat ini terdapat 95.401 IKM yang didominasi industri makanan, di Lampung sebagai provinsi di sektor pertanian yang mempunyai ranking terbaik.

Tersebar di berbagai kabupaten dan industri pengolahan mengalami pertumbuhan tahun ini sekira 4,57% dan kontribusinya 19,65% atau sebagai sektor kedua terbesar yang berkontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) ini, dari sektor ekonomi kerakyatan, tutur Arinal Djunaidi.

“Saat ini kami berada di era 4.0 yang menekankan pada daya saing dan produksitivitas. Provinsi Lampung mendukung kemajuan IKM dan UMKM melalui Gernas BBI yang mengacu pada produk yang berkualitas.

“Saya berharap acara Gernas BBI tidaklah hanya seremonial saja, tapi harus digencarkan secara kontinyu. Melalui upaya tersebut kamj harapkan IKM dan UMKM dapat menjadi komponen penggerak roda perekonomian pada masa yang akan dapatang,” katanya.

Pada acara puncak Lagawi Fest 2022, diumumkan lima Industri Kecil dan Menengah (IKM) pemenang hasil kurasi serta pendampingan Kemenperin bersama dengan pemerintah daerah dan Bank Indonesia.

Adapun, lima pemenang tersebut terbaik pertama IKM Lampung Ethnica dari Lampung Timur, Pisang Shamiya dari Bandar Lampung, Littlemonq dari Bandar Lampung, Rafins Snack dari Pringsewu, dan terbaik ke lima IKM Askha Jaya dari Bandar Lampung.

Sebelumnya, serangkaian program pendampingan dan fasilitasi yang intensif dilakukan kepada 30 IKM terpilih dan dipilih kembali 5 IKM terbaik yang diumumkan pada perhelatan tersebut.

Sementara, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang mengatakan, tiga tujuan utama Gernas BBI yakni untuk meningkatkan jumlah industri kecil dan menengah, pendampingan wirausaha industri dan peningkatan transaksi penjualan IKM.

Lagawifest 2022 yang diselenggarakan di Lampung dengan harapan untuk menumbuhkan IKM, karena seperti diketahui IKM memiliki kontribusi yang besar pada pertumbuhan ekonomi sekira 60%, katanya.

Dia megucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada semua pihak terkait, atas terselenggaranya rangakain acara Lagawifest 2022 yang sudah dilakukan sejak Maret. (tim)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Sidokkes Polres Lampung Selatan Vaksin Covid-19 Rutan Way Huwi

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Sidokkes Polres Lampung Selatan melaksanakan...

Soal DD Braja Sakti Puluhan Warga Ngeluruk ke Pemda

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Mempertanyakan laporan dugaan korupsi Dana...

Badan Karantina Pertanian akan Memacu Peningkatan Ekspor Kakao

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Badan Karantina Pertanian akan memacu...

PMI Pringsewu Gelar Diklat PMR Tingkat Wira

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu...
spot_img
Semua Negara
646,278,129
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on November 28, 2022 11:41 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini