Hari Donor Darah Sedunia, Ketua PMI Lamsel Ajak jadi Pelopor

0
129

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung Selatan ( Lamsel) Winarni Nanang Ermanto mengajak masyarakat, khususnya generasi milenial setempat menjadi pelopor donor darah sukarela.

Menurut ketua TP PKK dan duta Swamsebada Pangan Lamsel saat membuka Donor Darah Sukarela dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, di Rumah Sakit (RS) Airan Raya, Kecamatan Jatiagung, Selasa (14/6/2022), jajaran pengurus PMI terus berkomitmen dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saya berharap berikan edukasi khususnya kepada kaum milenial mengenai dampak positif donor darah, sekaligus mengajak mereka menjadi pelopor pendonor darah,” katanya.

Menurut dia, donor darah merupakan bagian penyebaran nilai-nilai kemanusiaan, sekaligus kepalangmerahan untuk terus membantu manusia tanpa membedakan suku, agama, dan ras.

Partisipasi masyarakat dalam melaksanakan donor darah di Kabupaten Lampung Selatan, kata dia, cukup tinggi.

Hal itu baik untuk terus ditingkatkan, selain berdampak pada kesehatan pendonor, donor darah juga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan hari ini mulia, bukan hanya pendonor yang mendapatkan pahala, tapi semua yang menyiapkan dan hadir juga mendapatkan pahala dari Allah SWT. Partisipasi masyarakat dalam mendonor darah cukup baik, para pendonor tetap konsisten mendonorkan darahnya melalui PMI, ujarnya.

Dia memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terkait yang telah berkontribusi dalam donor darah sukarela, mulai dari para pendonor hingga panitia penyelenggara kegiatan.

“Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas peran masyarakat, terutama pada generasi muda yang menjadi pendonor darah berkelanjutan. Kemudian juga kepada Pemerintah Daerah Lampung Selatan, kepala Dinas Kesehatan beserta jajatan dan jajaran RS. Airan Raya yang telah menyediakan tempat serta sarana dan prasarana sehingga kegiatan ini berjalan baik dan lancar,” ujarnya.

Melalui Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, 14 Juni, dapat menumbuhkan solidaritas masyarakat dan para pendonor Lampung Selatan dalam menyukseskan donor darah secara berkelanjutan.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan sekaligus Ketua Panitia Jhoniyansyah, mengatakan peringatan Hari Donor Darah Sedunia, telah dilaksanakan mulai 12 Juni 2022 dan hari puncak berlangsung 14 Juni 2022 dengan target pendonor 300 orang.

“Kami telah melakukan rangkaian kegiatan, mulai 12 Juni dan donor darah anak muda, Palang Merah Remaja (PMR) Kalianda dan Rajabasa 28 orang. Pada 13 Juni 2022 talkshow PMI di Radio Pemda Dimensi Baru 93 FM,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur RS. Airan Raya Dr. Zuchrady PIA, menyambut baik terselenggaranya donor darah tersebut.

Dia mengatakan, ketersediaan darah merupakan hal yang penting dalam dunia kesehatan. (hen/rif/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini