23.7 C
Bandar Lampung
Senin, Agustus 15, 2022
spot_img
BerandaDaerahApeksi Dorong Kebijakan Terhadap Ekonomi Lokal

Apeksi Dorong Kebijakan Terhadap Ekonomi Lokal

 3 dilihat

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya, mendorong seluruh Wali Kota yang hadir pada HUT 22 Apeksi melakukan kebijakan terhadap  penggunaan produk lokal guna memperoleh pemulihan ekonomi usai dilanda pandemi Covid-19.

“Jadi ini adalah momentum ketika Indonesia memasuki endemi, ketika ekonominya mulai bangkit, presiden memerintahkan seluruh kepala daerah untuk menggunakan barang produk dalam negeri. Nah Apeksi bergerak serempak untuk mendorong UMKM dan ekonomi lokal masing-masing,” katanya, di Bandar Lampung, Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, banyak potensii daerah yang dimiliki kota-kota di Indonesia. Bahkan pada Apeksi sejumlah daerah menampilkan produk-produk lokalnya.

Sehingga, Wali Kota Bogor itu pun cukup optimis akan ada kebijakan yang dilakukan masing-masing wali kota untuk mengkampanyekan penggunaan produk lokal di daerahnya.

‘Saya harap para wali kota akan mendorong kebijakan terhadap ekonomi lokal seperti misalnya penggunaan seragam di lingkungan pemerintahan,” kata dia.

Dia mencontohkan  penggunaan produk daerah telah diberlakukan di Kota Bogor misalnya setiap Selasa, seluruh Aparatur Sipil Negara diwajibkan menggunakan produk lokal, Kamis baju Sunda, dan Jumat baju batik.

“Jadi ada tiga hari dalam seminggu ASN menggunakan itu, kita bayangkan apabila dilakukan serempak 98 wali kota maka akan terjadi kebangkitan ekonomi lokal yang luar biasa,” kata dia.

Kemudian, kata dia, dalam Apeksi ini pun memiliki tujuan wilayah-wilayah tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) dalam melakukan pembangunan dan mendorong ekonomi lokal.

“Targetnya wilayah-wilayah yang hari ini bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak dan tidak hanya mengandalkan APBD kota,  maka bisa berbagi dengan yang lain. Jadi sekarang kita tidak hanya mengandalkan APBD , tapi berkolaborasi dengan swasta dengan berbagai macam organisasi untuk mendorong ekonomi lokal. Tema besarnya kolaborasi dalam meningkatkan UMKM di Indonesia,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, mengatakan, pihaknya telah melakukan pemakaian baju etnis di beberapa hari kerja guna mendukung UMKM lokal.

“Kami di Medan juga sudah memberlakukan itu tapi pakaian etnis ASN boleh memilih karena di kota ini ada 14 etnis,” katanya. (tim)

Berita Terkait

Pemkab Lamsel Ikuti Apel Kesetiaan NKRI Melalui Virtual Meeting

LAMPUNG SELATAN - WARTAALAM.COM - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan...

Kakwarcab Pringsewu Pimpin Upacara HUT ke-61 Pramuka Kwaran Sukoharjo

PRINGSEWU - WARTAALAM.COM - Peringatan Hari jadi ke-61 Pramuka...

Camat Sukoharjo Berangkatkan Peserta Lomba Lari 5 K

PRINGSEWU - WARTAALAM.COM - Dalam rangka memperingati HUT ke...

Pemandian Air Panas Way Belerang Kalianda, Bisa Sembuhkan Penyakit Kulit

LAMPUNG SELATAN - WARTAALAM.COM - MENIKMATI waktu liburan akhir...
spot_img
Semua Negara
595,455,417
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on August 15, 2022 4:02 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini