Bupati Lamsel Resmikan Kantor dan Launching Produk Beras BUMD

0
176

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto meresmikan Operasionalisasi Kantor dan Lauching Produk Beras Kemasan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Lampung Selatan Maju, Kamis (31/3/2022).

Peresmian mengangkat tema “Dengan Semangat dan Gotong Royong, Kita Bangun Kemandirian Ketahanan Pangan untuk Kemajuan Kabupaten Lampung Selatan”.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, para Staf Ahli Bupati Lampung Selatan, para asisten sekda, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Komisaris Utama BUMD PT. Lampung Selatan Maju Supriyanto, Direktur BUMD PT. Lampung Selatan Maju, Edy Setiawan, beserta jajaran terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Komisaris Utama BUMD PT. Lampung Selatan Maju, Supriyanto mengatakan, BUMD didirikan bertujuan turut serta melaksanakan pembangunan daerah khususnya dalam pembangunan dan kemandirian ekonomi yang umumnya memenuhi kebutuhan masyarakat.

Secara ideal, BUMD merupakan perwujudan peran pemerintah daerah dalam pembangunan ekonomi dan sumber penerimaan pemerintahan daerah. Tujuan khusus BUMD berkontribusi dalam menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD), ujarnya.

“Kami berharap, upaya ini juga membantu petani khususnya dalam men-stabilkan harga dan juga membantu penggilingan padi yang selama ini kesulitan memasarkan produksi,” katanya.

“Tahap awal, kami menjual beras kepada ASN dan THLS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan. Nantinya kami kembangkan lagi dengan menggandeng atau bekerjasama dengan BAZNAS, badan-badan usaha swasta dan lain-lainnya,” ujar dia.

Sistem pembayaran dilakukan secara non tunai, melalui mekanisme pemotongan gaji, yang bekerjasama dengan Bank Lampung. Namun khusus pada tahap awal pembayaran dilakukan secara tunai karena untuk pembayaran melalui mekanisme pemotongan gaji prosesnya sedang dalam penyelesaian pihak Bank Lampung, kata mantan asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Lamsel.

Sementara, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, untuk mewujudkan kabupaten yang maju dan sejahtera tidaklah cukup hanya mengandalkan program-program yang selama ini telah berjalan, namun harus juga menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif yang bisa mewujudkan visi bersama.

“Saya mengajak seluruh pihak selalu bersinergi, bergotongroyong menciptakan inovasi-inovasi yang bisa menjadi ikon perubahan, di antaranya bentuk inovasi yang kami lakukan dengan berdirinya BUMD PT. Lampung Selatan Maju yang kami resmikan keberadaanya,” kata dia.

Dia berharap, keberadaan BUMD PT. Lampung Selatan Maju menjadi penggugah semangat berkarya, sehingga muncul BUMD-BUMD baru yang memberikan peluang kerja bagi masyarakat, sehingga Lampung Selatan yang maju dan sejahtera segera terwujud.

Dalam rangka operasionalisasi, BUMD PT. Lampung Selatan Maju (Perseroda) akan mendistribusikan beras bermerek Jago Merah kepada perangkat daerah (PD), katanya.

“Saya menghimbau kepada seluruh dinas/instansi serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar dalam pendistribusian beras tersebut berkoordinasi, sehingga pelaksanaannya berjalan lancar dan membantu PAD kabupaten yang kita cintai ini,” ujarnya.

Nanang menyerahkan beras secara simbolis kepada Inspektur Kabupaten Lampung Selatan, Anton Camana dan memberangkatkan mobil operasional BUMD PT. Lampung Selatan Maju. (hen/rif/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini