Hadapi Lomba Desa Tingkat Provinsi, Pemkab Lamsel Berikan Pembinaan Desa Sri Katon

0
95

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) serta Pemerintahan Desa Kabupaten Lampung Selatan, menggelar pembinaan dan Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Desa tingkat Provinsi Lampung, di Balai Desa Srikaton, Kecamatan Tanjung Bintang, Senin (21/3/2022).

Desa Sri Katon menjadi peserta pada lomba desa tingkat provinsi mewakili Kabupaten Lampung Selatan setelah melalui tahapan seleksi lomba desa tingkat kabupaten yang digelar 10 Febuari 2022.

Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Ekobang dan Kesra Yespi Cory, Ketua TP-PKK Winarni Nanang Ermanto, Kepala Dinas PMD Lampung Selatan Erdiansyah, Kepala Dinas PP dan PA Anasrullah, Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta beserta Forkopimcam Kecamatan Tanjung Bintang, kepala desa beserta perangkatnya.

Kepala Dinas PMD Lampung Selatan Erdiansyah mengatakan, gelaran lomba desa tingkat kabupaten yang diilkuti 17 kecamatan se- Lampung Selatan sudah dilaksanakan 10 Febuari 2022. Kemudian pada seleksi tersebut, terpilih Desa Srikaton yang mewakili kabupaten ke tingkat provinsi yang akan digelar Juni mendatang.

Terpilihnya Desa Srikaton melalui tahapan seleksi dan penilaian dari semua desa yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, Desa Srikaton memiliki nilai dan keunggulan tersendiri selain memiliki destinasi wisata Gunung Batu, juga memiliki icon lain seperti batu bungur dan inovasi pembuatan alun-alun desa. Itu yang menjadi penilaian tim lomba desa tingkat kabupaten memilih Desa Srikaton mewakili Lampung Selatan ke tingkat provinsi dan diharapkan maju hingga tingkat nasional, ujarnya.

“Diharapkan semua lembaga yang ada di desa dan warga bekerja sama agar proses lomba tingkat provinsi lancar. Lomba desa tingkat provinsi tidak jauh berbeda dengan tingkat kabupaten. Hal yang paling penting dalam penilaian lomba desa yaitu administrasi dan inovasi desa. Tujuan rapat koordinasi memperbaiki semua kekurangan ketika lomba desa di tingkat kabupaten, katanya.

Sementara Ketua TP PKK kabupaten setempat, Winarni Nanang Ermanto menyampaikan harapannya, Desa Sri Katon bisa meraih kemenangan yang selanjutnya mengikuti perlombaan tingkat nasional.

Selain itu, katanya, kepala desa dan camat harus benar-benar menyiapkan, tidak hanya siap tetapi pemerintah desa dan kecamatan harus paham terhadap poin-poin yang akan menjadi tolokukur penilaian.

“Saya mengharapkan partisipasi semua lapisan masyarakat Desa Sri Katon bersama-sama berkoordinasi dalam menyukseskan perlombaan tingkat provinsi. Warga harus pro aktif mendukung persiapan hingga pelaksanaan lomba,” ujar dia.

Menurut Winarni, hadirnya tim pembinaan dari kabupaten, jangan hanya sekadar seremonial saja tapi benar-benar diemplementasikan dalam berbagai persiapan.

Tim pembina kabupaten tidak akan berhasil jika pemerintah desa dan warga tidak siap dibina, harus bersinergi, baik dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten maupun warga. Partisipasi warga harus benar-benar terwujud, tuturnya.

Kepala Desa Sri Katon Sugiman saat ditemui mengaku siap mewakili Lampung Selatan dalam lomba desa tingkat provinsi.

Menurutnya, untuk menjadi juara tingkat provinsi tidak mudah, persiapan yang dilakukan pemerintah Desa Srikaton tidak dalam waktu yang singkat namun cukup panjang dalam mengikuti seleksi tingkat kabupaten.

Dia mengatakan, dengan predikat satu dan mewakili Kabupaten Lampung Selatan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan dengan rapat koordinasi bersama Tim Kabupaten, pemerintah kecamatan, RT/RW, BPD, LPMD, PKK serta warga.

“Kami selaku pemerintah desa terus melakukan evaluasi-evaluasi supaya bisa mengharumkan Kabupaten Lampung Selatan hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) dan data kependudukan oleh ketua TP PKK Lampung Selatan. (ant/kmf).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini