Bunda Literasi Lamsel Tinjau Rumah Baca di Desa Sumur

0
135

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Winarni Nanang Ermanto meninjau Rumah Literasi, yang berada di Desa Sumur, Kecamatan Ketapang, Minggu (13/3/2022).

Rumah Literasi atau yang dikenal juga dengan Rumah Baca itu terwujud atas kerjasama antara Pemerintah Desa dan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa dari STAI YASBA Kalianda.

Perwakilan mahasiswa KKN STAI YASBA Kalianda mengungkapkan, Rumah Baca tersebut merupakan program inovasi pemerintahan desa untuk membantu warga khususnya anak-anak dalam hal membaca.

Menurutnya, masih banyak anak-anak di Desa Sumur yang kesulitan dalam membaca, sehingga dibutuhkan wadah yang dapat membimbing untuk mencapai hal tersebut. Oleh karena itu, mahasiswa KKN juga mengharapkan bantuan pemerintah untuk melengkapi buku-buku yang bisa menarik minat anak-anak gemar membaca.

“Masih banyak anak-anak yang kesulitan dalam membaca bahkan yang sudah sekolah, kami dan pemerintahan desa bekerjasama mengupayakan Rumah Baca ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto mengapresiasi, terwujudnya Rumah Baca di Desa Sumur.

Dia berharap, hal tersebut membantu meningkatkan minat baca anak-anak dan warga setempat.

“Alhamdulillah ini merupakan kepedulian mahasiswa dan pemerintahan desa untuk menggerakan program literasi di desa–desa,” ujarnya.

Menurut Winarni, Rumah Baca merupakan fasilitas pendukung bagi warga untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan membantu menggali potensi anak.

Dia meminta setiap desa membentuk Rumah Baca.

Dia juga menyarankan, pemerintahan desa, sekolah, dan pengusaha berswadaya buku untuk melengkapi buku-buku yang ada di setiap pojok baca setempat.

Di setiap dusun yang jauh dari layanan pendidikan harus segera dibuat pojok-pojok baca seperti ini, biar mempermudah anak-anak mendapatkan pengetahuan, kata Winarni. (hen/rif/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini