29.6 C
Bandar Lampung
Kamis, September 29, 2022
spot_img
BerandaDaerahLampung Berupaya Bentuk Sentra Budidaya Lobster

Lampung Berupaya Bentuk Sentra Budidaya Lobster

 10 dilihat

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupaya membentuk sentra lobster guna memenuhi kebutuhan konsumsi dan budidaya lokal.

Sentra lobster ini saat ini sudah ada pemetaan untuk lokasi sesuai segmentasi budidaya, ujar Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi, saat dihubungi, Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan, potensi benur lobster yang melimpah di Lampung menjadi potensi yang harus dimanfaatkan dengan tetap mempertahankan keberlanjutan lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Selama ini kami banyak mengambil benur dari luar negeri, kalau disini banyak potensi akan lebih baik dikelola dengan baik agar memenuhi kebutuhan lobster lokal dari pada dijual ke luar,” katanya.

Menurutnya, saat ini pemerintah setempat juga tengah aktif mengundang investor untuk membentuk sentra lobster yang nantinya bertempat di pesisir Teluk Ratai dan di sepanjang Teluk Lampung.

“Saat ini memang telah diatur tentang tatacara menangkap benur dengan ukuran tertentu. Sehingga akan lebih baik benih lobster tersebut kami besarkan di sentra yang akan dibuat agar nantinya dapat berdampak juga bagi masyarakat yang ada di pesisir Teluk Lampung,” ujarnya.

Ia mengatakan, nantinya sentra lobster tersebut dipetakan berdasarkan segmentasi sejak benur hingga pembesaran menjadi lobster siap panen sesuai dengan ukuran tertentu. Dengan memberdayakan masyarakat berdasarkan sistem ekonomi kerakyatan.

Untuk bagian pakan akan diletakkan di bagian timur karena banyak kerang hijau. Semua punya segmentasi sesuai pertumbuhan lobster jadi ini bentuknya ekonomi kerakyatan, katanya.

Dia mengatakan, adanya sentra lobster tersebut diharapkan mendongkrak sektor perikanan Lampung agar terus berkembang. (*)

Berita Terkait

Keuangan Bermasalah Pemkab Lamtim Lempar Bola ke Kominfo

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Tidak dapat merealisasikan kewajibanya merupakan...

Rycko Menoza Terima Penghargaan Wajib Pajak Teladan

BANDARLAMPUNG, WARTAALAM.COM - Rycko Menoza menerima penghargaan sebagai wajib...

Pekon Sukamulya Bagikan BLT DD Tahap II Tahun 2022

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pemerintahahan Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten...

KPK RI Kampanyekan Anti Korupsi Sejak Dini di Lamsel

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI...
spot_img
Semua Negara
621,965,641
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 29, 2022 10:10 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini