Festival Kemilau Tapis Lampung

0
106

BANDAR LAMPUNG, wartaalam.com – Ketua Dekranasda Lampung Selatan (Lamsel) Winarni Nanang Ermanto menghadiri Opening Ceremonial Festival Kemilau Tapis Lampung di Ballroom Meeting Hotel Sheraton Bandar Lampung, Rabu (24/11/2021).

Event yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung tersebut dibuka Gubernur Lampung Arinal Djunaidi serta turut dihadiri Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ketua Dekranasa kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, Danlanal Lampung Kol Marinir Amrul Ardiansyah dan Designer Didit Mulyana.

Festival Kemilau Batik Lampung yang bertema“Spirit of Tapis” tersebut akan digelar 24-26 November 2021 yang bertujuan memajukan UMKM yang menjadi penggerak ekonomi Provinsi Lampung serta menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam seni kain tapis.

Gubernur Lampung Arinal mengatakan akan terus mensuport serta mengembangkan semua kerajinan dari Dekranasda yang ada di kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

“Saya harap masyarakat Lampung belajar dan memahami etika dalam mengenakan kain tapis dan tumpal asal Lampung,” kata dia.

Mak kham sapa lagi, mak gatta kapan lagi, Semoga dengan diselenggarakannya festival kain tapis ini, bisa dapat mengedukasi masyarakat Lampung dalam cara memakai dan memahami nilai-nilai yang terkandung kerajinan kain tapis, katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari mengatakan akan terus mempromosikan kain tapis dan hasil kerajinan UMKM lainnya untuk meningkatkan perekonomian daerah.

“Saat ini, tapis berkembang menjadi fashionable dan menjadi barang ekonomis. Saya mengajak masyarakat Lampung memakai produk dalam daerah yang secara tidak langsung ikut mempromosikan dan memajukan ekonomi UMKM,” ujarnya.

Selanjutnya kegiatan pembukaan dilakukan dengan melakukan pemotongan pita serta peragaan tapis tua karya Rustam Efendi sekaligus pembacaan filosofi dan sejarah tapis, dilanjutkan kunjungan ke stand-stand Dekranasda jabupaten/kota Se-Provinsi Lampung. (hen/rif/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini