25.1 C
Bandar Lampung
Selasa, September 27, 2022
spot_img
BerandaDaerahBupati Lamsel Minta Satgas Serius Genjot Vaksinasi

Bupati Lamsel Minta Satgas Serius Genjot Vaksinasi

 9 dilihat

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto meminta seluruh Tim Satgas Covid-19 serius menangani vaksinasi bagi masyarakat umum maupun lansia.

Menurut Nanang pada rapat koordinasi Satgas Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan, di Aula Sebuku, rumah dinas bupati, Selasa (26/10/2021), sesuai dengan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), guna mencapai herd immunity capaian vaksinasi pada suatu wilayah harus mencapai 70 persen.

Menurut dia, jika herd immunity di Kabupaten Lampung Selatan telah tercapai, ekonomi perlahan akan kembali tumbuh. Hal tersebut seiring dengan kembali normalnya pergerakan pada masyarakat.

“Walaupun saat ini Lampung Selatan bisa mempertahankan level 2, kita harus terus agar mencapai 100 persen. Untuk mencapai itu, dubutuhkan tim yang tetap solid, tetap kerja untuk mengatasi persoalan bangsa ini. Ini persoalan besar karena berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Menurut Nanang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan akan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi pada masyarakat umum usia 12 tahun hingga 59 tahun dan lansia usia 60 tahun ke atas.

Hingga saat ini, vaksinasi di Lampung Selatan bagi masyarakat umum untuk dosis pertama baru mencapai 58,79 persen dan dosis kedua 15,32 persen. Sedangkan, untuk lansia dosis pertama 41,69 persen dan dosis kedua sekira 7,31 persen.

“Untuk mencapai 70 persen (herd immunity), kami masih kekurangan. Karena masih banyak masyarakat yang belum divaksin. Nah tadi, ketika situasi seperti ini, masyarakat sudah menginginkan suatu kegiatan normal,” katanya.

Kekurangan capaian vaksinasi itu, kata Nanang, menjadi tanggungjawab seluruh stakeholder terkait, terutama dalam menyosialiasikan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat umum.

Untuk mencapai target herd immunity diperlukan kesadaran masing-masing individu pentingnya vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kuncinya ada di semua pihak, untuk menyosialisasikan hal-hal itu. Tanggungjawab kita. Seandainya capaian vaksin tidak bisa kita atasi, yang rugi kita juga. Melambatnya aktivitas kita,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Joniansyah mengatakan, timnya menargetkan pada November 2021 mendatang, daerah berada di PPKM level 1 dari level 2 saat ini.

“Level 1 itu syaratnya 70 persen untuk dosis satu dan 60 persen untuk lansia. Saya optimistis bisa tercapai November dengan catatan vaksin tersedia,” katanya.

Joniansyah mengaku masih terkendala pada vaksinasi untuk lansia.

Dia meminta para camat membantu mengumpulkan lansia di wilayahnya divaksinasi.

“Pengalaman kami, lansia sangat sulit, kami sudah laksanakan dengan segala hal. Kami juga sudah door to door, memang banyak hal terkait dengan lansia ini yang menjadi hambatan kami” tuturnya. (/hen/rif/kmf)

Berita Terkait

Pekon Sukamulya Bagikan BLT DD Tahap II Tahun 2022

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Pemerintahahan Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Kabupaten...

KPK RI Kampanyekan Anti Korupsi Sejak Dini di Lamsel

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI...

10 Penyandang Disabilitas di Pringsewu Ikuti Pelatihan Membatik

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Sekira 10 penyandang disabilitas di kabupaten...

Keuangan Lampung Timur Dipertanyakan

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Beberapa waktu lalu, Kas Daerah...
spot_img
Semua Negara
620,805,714
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 27, 2022 11:34 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini