24.9 C
Bandar Lampung
Selasa, Oktober 4, 2022
spot_img
BerandaDaerahHK Optimistis Tol Pekanbaru-Bangkinang Beroperasi Fungsional Akhir 2021

HK Optimistis Tol Pekanbaru-Bangkinang Beroperasi Fungsional Akhir 2021

 11 dilihat

JAKARTA – WARTALAM.COM – PT Hutama Karya (Persero) optimistis Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera dapat fungsional pada akhir 2021.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan bahwa jika rampung, Tol Pekanbaru – Bangkinang akan menjadi tol kedua di Bumi Lancang Kuning yang dioperasikan setelah perusahaan menyelesaikan Tol Pekanbaru – Dumai (131 Km) pada akhir 2020.

“Progres Tol Pekanbaru – Bangkinang  sudah 74 persen, menjelang akhir tahun ditargetkan dapat difungsionalkan sepanjang 31 km dengan exit tol berada di STA 9 dan di STA 40. Untuk dapat mencapai target penyelesaian tersebut, kami berharap pihak-pihak yang terlibat khususnya dalam proses pengadaan lahan dapat segera menuntaskan lahan di sejumlah titik yang belum dimulai konstruksinya, sehingga jika lahan telah bebas, konstruksi akan terus kami optimalkan,” ujar Koentjoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Dia menyampaikan bahwa sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Hutama Karya terus melakukan upaya terbaiknya agar Tol Pekanbaru – Bangkinang dapat segera dinikmati dan memberikan sejumlah manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kunjungan Bapak Jokowi pada Mei 2021 memberikan motivasi tak hanya kepada Hutama Karya, tapi juga kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan untuk dapat segera menuntaskan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini. Melalui Tol Pekanbaru – Bangkinang, kami kembali persembahkan jalan bebas hambatan di Pulau Sumatera yang akan memberikan kemudahan konektivitas bagi masyarakat setempat,” katanya.

Memasuki triwulan IV tahun 2021, Hutama Karya terus melanjutkan penyelesaian pembangunan tahap I Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), di antaranya, Tol Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 40 km.

Proyek jalan tol yang termasuk ke dalam koridor Pekanbaru – Padang (254 km) tersebut telah mencapai 74 persen progres konstruksi dan ditargetkan dapat fungsional akhir tahun ini.

Sebelumnya, Presiden ketujuh RI Joko Widodo telah melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Tol Pekanbaru – Bangkinang pada bulan Mei 2021 lalu. Jokowi menyampaikan harapannya, keberadaan jalan tol itu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat serta meningkatkan daya saing Indonesia terhadap luar negeri.

Presiden berharap dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat, dan Indonesia memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain. (*)

Berita Terkait

Studi: Minum Teh Setiap Hari Kurangi Risiko Diabetes

JAKARTA, WARTAALAM.COM - Minum satu hingga tiga cangkir setiap...

Lampung Bangun Rumah Kurasi Produk untuk Pertahankan Standar Kopi

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)...

Kopi Lampung Begawi 2022 Bangkitkan Inovasi Kopi Lampung

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM - Provinsi Lampung identik dengan kopi...

Soal Siltap Lampung Timur, AAPD Masuk KPK

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Merasa dilecehkan, Aliansi Aparatur Pemerintahan...
spot_img
Semua Negara
623,841,379
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 4, 2022 1:10 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini