Ratusan Warga di Pringsewu Terima Sertifikat Tanah

0
108

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Wakil Bupati Pringsewu, Lampung Fauzi menyerahkan secara simbolis ratusan sertifikat tanah di tiga pekon.

Sertifikat tersebut 208 bidang tanah di Pekon Siliwangi, Kecamatan Sukoharjo, 542 bidang, di Pekon Candiretno, dan 125 bidang di Pekon Lugusari, keduanya di Kecamatan Pagelaran.

Fauzi didampingi Kepala Kantor Pertanahan setempat Rustam, di masing-masing balai pekon setempat, Kamis (30/9/2021).

Sertifikat tanah itu berasal dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Redistribusi Tanah, dan Lintas Sektoral tahun 2021.

Wakil Bupati Pringsewu saat menyerahkan sertifikat tanah di Pekon Siliwangi mengatakan, program PTSL merupakan program unggulan Presiden RI Joko Widodo guna memberikan kepastian hukum atas hak tanah masyarakat.

Sertifikat, kata dia, bukti kuat dan kunci kepemilikan tanah.

Bukan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). PBB kewajiban bagi yang memiliki tanah, ujarnya.

Dia nengatakan, tujuan presiden mengadakan program itu agar masyarakat bisa berusaha seluas-luasnya dengan sertifikat yang dimiliki.

“Terima kasih kepada kepala pekon dan Pokmas yang sudah menyukseskan program ini, sebab pemerintah daerah dan BPN tidak mungkin bisa bergerak dan bekerja sendiri,” katanya.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Pringsewu Rustam mengatakan, sertifikat al alat bukti paling kuat atas kepemilikan tanah, sebagai jaminan kepastian hukum atas hak tanah tersebut.

“Kita harus bersyukur dan bijak dengan memanfaatkan sebaik-baiknya. Saya berharap tahun depan semua bidang tanah di Pekon Siliwangi bersertifikat,” katanya.

Sementara itu, Kapekon Siliwangi Maryono mengatakan, warganya mayoritas petani, sehingga tanah yang disertifikatkan rata-rata kebun.

Tanah milik warga Pekon Siliwangi, kata Maryono, 80% di antaranya sudah bersertifikat.

Sertifikat jangan dianggap sepele karena sangat berharga. Mohon diteliti lagi dan disesuaikan dengan data dan tanah yang dimiliki, sebab banyak warga yang juga memiliki nama yang sama, agar tidak tertukar, ujar dia. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini