Pemprov Lampung Upayakan BLK Komunitas Tingkatkan SDM Berkualitas

0
111

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupaya agar Balai Latihan Kerja (BLK) berbasis komunitas yang terdapat di wilayahnya mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing.

“Di Lampung ada 83 BLK Komunitas. Kami sudah adakan rapat serta berkolaborasi dengan mereka agar semuanya terstandarisasi sehingga mereka mampu memberikan kinerja yang baik,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Dinasker) Prov Lampung, Agus Nompitu, Rabu (29/9/2021).

Dia mengatakan, dalam upaya dan mendukung BLK komunitas tersebut mereka telah mendapatkan hibah berupa gedung sehingga diharapkan mampu memberikan kinerja yang baik sehingga kualitas SDM-nya pun berkualitas.

“Kami inginkan kurikulum di BLK Komunitas itu juga bagus tenaga pendidik juga bagus sehingga kinerja mereka juga maksimal dan setelah selesai dari pelatihan itu SDM tidak saja disentuh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tapi juga Dinas Ketenagakerjaan (Dinsaker) di provinsi dan juga kabupaten/kota,” kata dia.

Ia mengatakan, guna menciptakan SDM yang berkualitas selain BLK Komunitas, pihaknya pun bekerjasama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) swasta.

“Jadi sampai kini ada 220 LPK di Lampung dan mereka ini juga kami bantu agar statusnya terakreditasi sehingga jelas dan semua terstandarlisasi sesuai asesment,” kata dia.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar metode atau materi pembelajaran, sarana dan prasarana, kurikulum di LPK-LPK sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.

“Jadi mereka juga harus fokus dan profesional dalam memberikan pelatihan kepada calon tenaga kerja maka dari itu LPK-LPK juga kita bantu akreditasi maupun tenaga instrukturnya,” kata dia. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini